Artikel

Kapal Selam Nanggala-402 Hilang Kontak, Pencarian Masih Berlangsung

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kapal Selam Nanggala 402 milik TNI Angkatan Laut hilang kontak saat latihan di Perairan Bali pada Rabu (21/4) kemarin. Kapal selam tersebut dikabarkan membawa 53 awak di dalamnya.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Achmad Riad menuturkan, hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan pencarian terhadap kapal yang hilang saat latihan penembakan torpedo itu.

"Pihak TNI AL saat ini sedang melaksanakan pencarian di posisi terakhir kapal selam terdeteksi. Operasi pencarian sudah dimulai sejak kemarin setelah KRI Nanggala tidak muncul ke permukaan," ujar Achmad dalam keterangan persnya, Kamis (22/4).

Pencarian kapal selam Nanggala-402 melibatkan 5 KRI dan 1 helikopter TNI AL. Lima KRI itu adalah KRI Raden Eddy Martadinata 331, KRI Gusti Ngurah Rai 332, KRI Diponegoro 365, KRI dr. Soeharso 990, KRI Pulau Rimau 724 dan Helly Panther.

Achmad Riad pun menjelaskan kronologis singkat hilang kontaknya kapal selam Nanggala.

Pada Rabu (21/4) pukul 03.46, KRI Nanggala melaksanakan penyelaman. Lalu pada pukul 04.00, Nanggala melaksanakan penggenangan peluncuran torpedo no 08.

"Itu merupakan komunikasi terakhir dengan KRI Nanggala. Pada pukul 04.25 saat Komandan Gugus Tugas Latihan akan memberikan otorisasi penembakan torpedo, komunikasi dengan Nanggala sudah terputus," lanjutnya.

Achmad lalu menyinggung sejumlah pemberitaan mengenai proses pencarian kapal selam Naggala. Salah satunya mengenai tumpahan minyak dan bau solar di beberapa lokasi yang berbeda.

Tumpahan minyak dan bau solar ini di antaranya dilaporkan oleh Helly Panther HS-4211 pada posisi 07 derajat 49 menit 44 detik Lintang Selatan – 114 derajat 50 menit 47 detik Bujur Timur, radius 150 m.

"Namun temuan tersebut belum dapat disimpulkan sebagai bahan bakar kapal selam," tegasnya.

Achmad Riad menyampaikan informasi detail mengenai operasi pencarian kapal selam Nanggala ini akan disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono.

Adapun Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto pagi ini sudah menuju lokasi bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (WIL)


5 komentar untuk “Kapal Selam Nanggala-402 Hilang Kontak, Pencarian Masih Berlangsung”

oleh Jeana Iliana  7 bulan yang lalu

"Pencarian masih berlangsung, dan yg hilang psti ketemu"

oleh Firda alifah  7 bulan yang lalu

"Saya yakin psti ditemukan bismillah"

oleh Olivia hilda  7 bulan yang lalu

"Terus arahkan pencarian, sampai ketemu dan terus berdoa"


Berikan Komentar: