Artikel

Kendarai Traktor, Presiden Tanam Jagung Bareng Petani di Sulsel

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Salah satu agenda Presiden Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11), adalah menanam jagung bersama masyarakat.

Namun ada yang menarik dalam prosesi penanaman jagung itu. Pasalnya Presiden Jokowi mengendarai traktor saat menanam benih-benih jagung di lokasi. Rupanya, Presiden Jokowi baru pertama kali ini mengendarai traktor.

“Hari ini saya bisa pegang traktor dan juga sangat mudah sekali. Saya tadi diajari sebentar oleh Pak Menteri Pertanian,” ujar Presiden mengutip siaran pers Biro Setpres.

Presiden mulai mendorong alat tanam jagung atau corn planter dan diikuti oleh para petani secara serentak. Uniknya, usai menanam benih jagung sepanjang kurang lebih 100 meter, Presiden menaiki traktor yang telah terparkir di lokasi.

“Tadi kan kita melakukan penanaman dengan planter untuk khusus jagung tapi juga tadi saya mencoba untuk penanaman dengan traktor yang di belakangnya ada planter-nya,” ujar Presiden.

Traktor berwarna hijau pun melaju perlahan di hamparan lahan. Bersama Menteri Pertanian, Presiden berkeliling satu putaran lahan.

Menurut Presiden, pemanfaatan alat mekanis pertanian seperti traktor dibutuhkan jika lahan garapan para petani sangat luas sehingga penanaman bisa lebih efektif.

“Saya kira dua-duanya baik tetapi kalau dalam hamparan yang sangat luas memang yang paling cepat adalah memakai traktor, cepat sekali. Saya kira mekanisasi seperti ini juga perlu dikenalkan kepada seluruh petani agar penggunaan alat-alat semiberat seperti ini bisa juga dilakukan,” tandasnya. (WIL)