Artikel

Keren, Indonesia Bakal Punya Jembatan Terpanjang yang Membelah Laut

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah akan memulai pembangunan jembatan yang menghubungkan Batam-Bintan sepanjang 7 kilometer. Jembatan ini nantinya akan jadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga menjelaskan, pembangunan jembatan ini tidak akan membebani anggaran pengeluaran dan belanja negara (APBN). Pasalnya jembatan akan dibangun melalui skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) dengan investor asal Singapura yang bakal mendanai.

Meski demikian, pemerintah tetap akan memberikan dukungan finansial agar pembangunan ini tetap feasible.

"Dalam evaluasi yang dilakukan oleh Ditjen Pembiayaan Infrastruktur, tidak bisa totalitas dibiayai oleh KPBU, tetapi harus ada porsi dibantu oleh Pemerintah. Porsi Pemerintah sekitar 30%," ujar Direktur Pembangunan Jembatan, Ditjen Bina Yudha Handita Pandjiriawan, dalam keterangan resmi yang dikutip Senin (26/4).

Jembatan Batam-Bintan ini terdiri dari dua jembatan yaitu Batam-Tanjung Sauh sepanjang 2.000 meter, dan Tanjung Sauh-Bintan sepanjang 5.000 meter. Sehingga panjang totalnya 7.000 meter, yang akan lebih panjang dari Jembatan Suramadu 5,43 km.

Pembangunan jembatan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama. Bahkan desainnya sudah dibuat oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau pada 2005, dan diperbarui pada tahun 2010 silam. Namun desain ini masih harus disesuaikan mengingat jembatan itu akan menjadi jembatan tol, atau kendaraan yang lewat dikenai tarif.

Jembatan yang akan memiliki lebar 33 meter ini sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024. (WIL)