Artikel

Keren! Kini Masyarakat Bisa Cek Stok Vaksin Secara Online

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Inovasi terus diupayakan pemerintah dalam menunjang kesuksesan program vaksinasi nasional. Terbaru, pemerintah menyiapkan kanal yang memungkinkan masyarakat untuk bisa mengecek stok vaksin Covid-19 secara online.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, pihaknya telah memperbarui dashboard pada situs resmi Kemenkes. Dalam perbaruan itu disertakan daftar stok vaksin yang bisa dipantau masyarakat.

"Pengguna dimudahkan untuk memantau estimasi ketersediaan stok vaksin dan update data jumlah vaksin berdasarkan wilayah dengan satuan terkecil adalah kabupaten/kota," kata Nadia dalam jumpa persnya, Kamis (19/8).

Nadia menambahkan, dashboard vaksin bisa diakses masyarakat melalui link www.vaksin.kemkes.go.id/#/alokasi_vaksin.

Menurutnya, perbaruan dashboard tersebut atas inisiatif Kementerian Kesehatan agar program vaksinasi bisa lebih transparan. Dengan melihat data vaksin, diharapkan masyarakat bisa mengontrol sirkulasi ketersediaan vaksin Covid-19 di Indonesia.

Sementara itu, Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan, Setiaji menjelaskan, dashboard stok vaksin akan diperbarui setiap hari dengan cut off pada pukul 17.00 WIB. Isi dashboard mencakup ketersediaan vaksin di tiap daerah, termasuk rata-rata penggunaannya.

Selain itu, ada pula visualisasi peta dan indikator untuk mengetahui secara cepat ketersediaan vaksin selama kurang dari 7 hari, kemudian 7-10 hari, 10-14 hari, hingga lebih dari 14 hari.

"Dasar inilah yang kami gunakan untuk melakukan estimasi ketersediaan vaksin hingga beberapa hari," tandasnya. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: