Artikel

Keren, Putri Papua Ini Jadi Dubes RI untuk Selandia Baru

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah terus menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan Papua. Tak hanya pembangunan fisik, pemerintah juga membangun sumber daya manusia (SDM) dengan menjadikan putra-putri Papua menduduki sejumlah jabatan strategis, termasuk Duta Besar (Dubes).

Adalah Fientje Suebu. Ia dipercaya Presiden Joko Widodo untuk menjadi Duta Besar Republik Indonesia yang berdaulat di negara Selandia Baru. Fientje Suebu secara resmi dilantik pada Senin, 25 Oktober 2021 lalu.

Fientje Suebu menjadi perempuan Papua pertama yang menjadi Duta Besar Republik Indonesia. Sebelumnya Fientje Suebu telah mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Luar Negeri selama kurang lebih 30 tahun.

Melansir peranperempuan.id, Fientje Suebu adalah putri dari seorang kepala suku di Papua. Ia menempuh pendidikan di Sekolah Dinas Luar Negeri. Sebelum ditunjuk jadi Dubes, Fientje Suebu menduduki jabatan sebagai Wakil Kepala Perwakilan di Kedubes RI untuk India sejak Februari 2018 lalu.

Tanggapan Pemprov Papua

Keputusan Presiden Jokowi menunjuk Fientje Suebu sebagai Dubes RI untuk Selandia Baru disambut baik oleh Pemerintah Provinsi Papua.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua, Jeri Agus Yudianto, pengangkatan Fientje Suebu sebagai Dubes RI untuk Selandia Baru adalah langkah strategis mengingat wilayah Papua yang berada di ujung timur Indonesia.

"Papua salah satu provinsi paling ujung Indonesia, sebagai pintu masuk perdagangan dan perekonomian," katanya mengutip Kompas.com.

Selain itu, Jeri juga menilai posisi Dubes sangat strategis mengingat pemerintah sedang gencar melakukan Pasific Exposition yaitu ajang perkenalan perdagangan dan perekonomian Papua di kawasan Pasifik.

Jeri berharap, kehadiran Fientje Suebu sebagai Dubes RI dapat memberi warna bagi diplomasi Indonesia di kawasan Pasifik. (WIL)