Artikel

Keren! Siswa Madrasah Raih Emas di Lomba Robotic International

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Prestasi demi prestasi terus ditorehkan anak bangsa di kancah internasional. Teranyar, dua tim robotik madrasah di Pati, Jawa Tengah berhasil meraih medali emas dan perunggu di ajang International Youth Robotic Competition (IYRC) 2021.

Melansir website resmi Kementerian Agama, Minggu (5/9), medali emas dan perak diraih oleh dua tim robotik dari Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati, Jawa Tengah. Prestasi itu diraih pada kategori Robot Creation.

"Alhamdulillah, setelah berjuang sedemikian rupa, tim robotik MTsN 1 Pati bisa berkompetisi di ajang international dan memperoleh hasil yang membanggakan," ujar Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak.

IYRC 2021 sendiri diselenggarakan oleh International Youth Robot Association (IYRA) Korea, 21-23 Agustus 2021.

Tim robotik MTsN 1 Pati terdiri dari Septiandro Surya Dewangga dan Rifqi Haidar Azkiya sebagai peraih medali emas, serta Hafiz Ulumuddin Karim dan Sidqon Difa Hakim Al Karim sebagai peraih medali perunggu.

Kedua tim ini bergabung dalam program unggulan robotik madrasah, di mana sebelum kompetisi mereka dikarantina selama 10 hari dan mengikuti latihan intensif selama 18 jam per hari.

Para pemenang IYRC 2021 berasal dari 14 negara, yaitu: Russia, Colombia, Algeria, Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Brazil, Uzbekistan, Mongolia, Guyana, Mexico, Laos, dan Vietnam. Pemenang diumumkan melalui web resmi iyrc.org pada 31 Agustus 2021. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: