Artikel

Keren! Windy Cantika Jadi Atlet Indonesia Pertama yang Raih Medali di Olimpiade Tokyo

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Perjuangan para atlet Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang sedang berlangsung mulai menampakkan hasil. Indonesia berhasil meraih medali pertama lewat seorang Windy Cantika Aisah.

Windy Cantika meraih medali perunggu dari cabang angkat besi kelas 49 kilogram, Sabtu (24/7). Windy meraih medali itu dengan total angkatan 194 kilogram, dan hanya kalah dari wakil China Zhihui Hou yang meraih medali emas, dan wakil India Chanu Saikhom Mirabai yang meraih perak.

Melansir CNN Indonesia, Windy sempat gagal dalam upaya pertama snatch di berat 84 kilogram. Lifter 19 tahun itu kemudian sukses melakukan angkatan 84 kilogram di usaha kedua, namun kemudian gagal pada usaha snatch ketiga di 87 kilogram.

Pada angkatan clean and jerk, Windy sukses mengangkat 103 kilogram pada usaha pertama. Lifter 19 tahun asal Bandung, Jawa Barat, itu mempertajam total angkatan setelah melakukan clean and jerk di 108 kilogram pada usaha kedua.

Berikutnya, Windy sukses melakukan angkatan clean and jerk di 110 kilogram pada usaha ketiga. Angkatan itu membuat Windy memastikan medali perunggu dengan total angkatan 194 kilogram. Ini adalah medali pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020.

Zhihui Hou asal China menciptakan rekor Olimpiade dengan total angkatan 210 kilogram, sementara Chanu Saikhom memiliki total angkatan 202 kilogram. (WIL)

Saksikan video pilihan berikut: