Artikel

Kerja Bersama, Kunci Keberhasilan PPKM Mikro

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kerja sama yang baik antara pemerintah baik di pusat maupun daerah menjadi kunci utama keberhasilan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Menurutnya, tujuan utama PPKM Mikro adalah memunculkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

"Ini memerlukan sinergi antara yang memiliki kewenangan di tingkat pusat dengan kewenangan di tingkat daerah masing-masing, sinergi kolaborasi adalah menjadi kunci," katanya dikutip dari laman Kemendagri, Rabu (23/6).

Eks Kapolri itu menegaskan, Instruksi Mendagri yang dirilisnya sebagai payung hukum dalam pengetatan PPKM Mikro. Namun Inmendagri itu akan efektif jika terjalin kerja sama di seluruh jenjang hingga tingkat RT.

"Jadi kuncinya adalah kebersamaan dalam menegakkan, menegakkan aturan-aturan untuk 10 substansi di tingkat makro dan membuat satgas-satgas sampai dengan sistem administrasi pemerintahan ke tingkat RT, itu kuncinya," ujarnya.

Dalam beberapa waktu terakhir, kasus Covid-19 mengalami lonjakan hampir di seluruh daerah. Untuk itu, pemerintah memutuskan untuk memperketat PPKM Mikro mulai 22 Juni hingga 5 Juli. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: