Artikel

Ketua MUI Pusat Bolehkan Muslim Ucapkan Selamat Natal, Ini Alasannya

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Cholil Nafis mengatakan muslim boleh mengucapkan selamat Natal bagi umat Kristiani. Cholil pun menjelaskan terkait alasan dari pernyataannya tersebut. 

"Mengucapkan selamat Natal kepada mereka untuk menghormati mereka dan nabi Isa ya boleh saja,” katanya mengutip Detikcom, Jumat (24/12). 

Cholil menambahkan, selain untuk menghormati umat Kristiani, mengucapkan selamat saat Natal juga dalam rangka mengapresiasi pertemanan saja, dan tidak dalam rangka meyakini agama lain. 

Lebih jauh Cholil menegaskan, mengucapkan selamat berbeda dengan ikut merayakan Natal. Dalam hal ini, yang tidak diperbolehkan bagi umat Islam adalah ikut merayakan Natal. 

Selain ikut merayakan Natal, imbuhnya, umat Islam juga dilarang keras menganggap Nabi Isa sebagai Tuhan atau anak Tuhan sebagaimana yang diyakini umat Kristiani. 

“Agama kita adalah untuk kita dan agama mereka untuk mereka dan tidak boleh ikut natalan,” tandasnya. 

Dalam praktiknya, Cholil memberikan beberapa situasi dimana muslim boleh mengucapkan selamat saat Natal. Seperti mengucapkan selamat kepada tetangga atau teman, serta bagi seorang mualaf yang orangtuanya masih beragama Kristen. 

Lebih jauh, Cholil juga menegaskan bahwa pernyataannya tersebut juga sejalan dengan Fatwa MUI yang diterbitkan pada 7 Maret 1981 silam.

Dalam Fatwa tersebut, kata Cholil, yang tidak diperbolehkan adalah ikut merayakan Natal. 

Setidaknya ada tiga poin putusan dalam Fatwa tersebut, yaitu:

  1. Perayaan Natal di Indonesia meskipun tujuannya merayakan dan menghormati Nabi Isa AS, akan tetapi Natal itu tidak dapat dipisahkan dari soal-soal yang diterangkan di atas.

  2. Mengikuti upacara Natal bersama bagi umat Islam hukumnya haram.

  3. Agar umat Islam tidak terjerumus kepada syubhat dan larangan Allah Swt, dianjurkan untuk tidak mengikuti kegiatan-kegiatan Natal. 

Ucapan Natal dari Menteri Agama

Sementara itu, Menteri Agama Yahya Cholil Qoumas telah menyampaikan ucapan selamat Natal 2021 kepada umat Kristiani di seluruh Indonesia. 

“Saya Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama RI mengucapkan Selamat Natal 2021 dan selamat menyongsong tahun. baru 2022 kepada seluruh umat Kristiani di mana pun berada. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati kita semua,” katanya dalam video yang dikutip Jumat. 

Perayaan Natal 2021 sendiri mengusung tema “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”. 

Menteri Agama menegaskan, persaudaraan merupakan teman universal yang bisa merekatkan hati orang-orang yang beriman untuk menjaga kerukunan, kedamaian dan kesejahteraan bagi masyarakat. (wil)