Artikel

Konsep "Merdeka Belajar" Nadiem Bakal Ciptakan Profil Pelajar Pancasila

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Salah satu konsep Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di era Mendikbud Nadiem Makarim adalah "Merdeka Belajar". Konsep ini terdorong karena keinginan Nadiem untuk menciptakan suasana belajar yang bahagia tanpa dibebani dengan pencapaian skor atau nilai tertentu.

Mendikbud Nadiem menjelaskan, konsep Merdeka Belajar yang ia usung akan menghasilkan profil pelajar Indonesia yang terilhami nilai-nilai luhur Pancasila.

"Sebenarnya objektif atau hasil dari pada pembelajaran pendidikan di masa Merdeka belajar ini, semua perubahan yang dilakukan di sistem pendidikan kita, akan berdampak kepada yang namanya profil pelajar Pancasila," ujar Nadiem dalam pernyataan yang dikutip Jumat (23/4).

Nadiem menambahkan, selain karena terdorong untuk menciptakan suasana belajar tanpa terbebani nilai, konsep Merdeka Belajar ini muncul dari keinginan untuk menciptakan profil manusia yang dihasilkan dari sistem pendidikan Indonesia.

Lebih jauh, Nadiem juga menyebut konsep ini sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi yang menginginkan pendidikan Indonesia harus mengedepankan nilai-nilai Ketuhanan, berkarakter kuat, dan berakhlak mulia, di samping juga menguasai kemajuan teknologi.

"Ini adalah arahan Bapak Presiden mengenai sumber daya manusia (SDM) yang unggul," tandas Nadiem.

Melansir laman Kemdikbud, ada enam profil pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia; kebhinekaan global; gotong royong; kreatif; bernalar kritis; dan mandiri. (WIL)