Artikel

Kunker ke Kaltim, Presiden Tinjau IKN, Vaksinasi hingga Resmikan Jalan Tol

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Sejumlah agenda dijalani Presiden Joko Widodo selama kunjungan kerjanya di Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (24/8). Setelah meninjau vaksinasi pelajar di Samarinda, Presiden juga meninjau sodetan akses jalan Ibu Kota Negara (IKN), meresmikan Seksi 1 dan Seksi 5, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, serta meninjau vaksinasi massal di Balikpapan.

Tinjau Sodetan Akses Jalan ke IKN

Sodetan akses ini berlokasi di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda KM 14. Jalur ini juga dilalui rombongan Presiden saat melintas dari Samarinda menunju Balikpapan.

Selama peninjauan tersebut, Presiden mengaku ingin melihat lebih detail terkait sodetan jalan menuju IKN. Presiden juga ingin memastikan infrastruktur menuju lokasi IKN untuk membawa logistik.

Presiden juga tampak berdiskusi dengan Menhan Prabowodan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Menurut Presiden, diskusi itu untuk menentukan sejumlah infrastruktur penunjang IKN.

"Tadi kita diskusi mengenai kira-kira di mana pelabuhan, di mana airport. Kalau kita melihat ke lapangan seperti ini akan lebih mudah. Itu saja," kata Presiden.

Meresmikan Seksi 1 dan 5 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Setelah meninjau sodetan jalan menuju IKN, Presiden juga meresmikan Seksi 1 dan Seksi 5 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Menurut Presiden, jalan tol ini kini sudah siap beroperasi penuh.

Presiden menegaskan, peresmian ini patut disyukuri karena Seksi 1 dan Seksi 5 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda menjadi jalan tol pertama yang beroperasi di Pulau Kalimantan.

"Kita ingin pembangunan infrastruktur itu tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja atau di Pulau Sumatra tapi juga merata ke pulau-pulau yang lain," tandas Presiden.

Presiden berharap, adanya jalan tol ini membantu menciptakan sumber ekonomi baru di Kalimantan Timur. Dengan demikian, daya saing komditas-komditas lokal juga diharapkan turut terdongkrak dengan adanya jalan tol ini.

"Sehingga menjadikan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur semakin efisien dan semakin kompetitif," ucap Presiden.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terbagi menjadi lima seksi, yakni Seksi 5 Ruas Manggar-Karang Joang (10,74 km), Seksi 1 Ruas Karang Joang-Samboja (21,66 km), Seksi 2 Ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi 3 Ruas Muara Jawa-Palaran (17,30 km) dan Seksi 4 Palaran-SS Mahkota II (16,59 km).

Tinjau Vaksinasi Massal di Balikpapan

Agenda berikutnya yang dijalani Presiden adalah meninjau vaksinasi massal di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Kota Balikpapan.

Selama peninjauan, Presiden menyempatkan diri menyapa dan berbincang dengan sejumlah peserta dan tenaga kesehatan yang terlibat dalam vaksinasi tersebut.

Vaksinasi di BSCC ini diikuti olej 1.900 masyarakat umum, mulai dari pelajar, ibu hamil, tokoh agama dan masyarakat, lansia, penyandang disabilitas, hingga tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksinasi dosis ketiga.

Adapun vaksin yang digunakan ada dua, yaitu Sinovac dan Moderna.

Usai meninjau vaksinasi di BSCC, Presiden langsung menuju Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan untuk kembali ke Jakarta. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


3 komentar untuk “Kunker ke Kaltim, Presiden Tinjau IKN, Vaksinasi hingga Resmikan Jalan Tol”

oleh Restu fauziah  1 bulan yang lalu

"Presiden sangat memikirikan rakyatnya mau itu di pulau jawa sumatra atau kalimantan"

oleh Mahardika  1 bulan yang lalu

"Semoga Kalimantan Timur semakin maju ekonominya"

oleh Veronika asegaf  1 bulan yang lalu

"Sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui keren pakde kerja efisien waktu"


Berikan Komentar: