Artikel

Lakukan Ini Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id- Pandemi Covid-19 membuat semua orang tak terkecuali anak-anak harus tinggal di rumah. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah pun harus dijalankan secara daring sehingga anak semakin akrab dengan gawai (gadget). Agar orang tua tidak khawatir, tips cegah anak kecanduan gadget berikut ini bisa diterapkan di rumah.

1. Membuat jadwal

Buatlah jadwal aktivitas, belajar, bermain, hingga tidur sehingga anak tidak tertekan dan stres. Selanjutnya pastikan anak tertib dalam mengatur dirinya sendiri sesuai jadwal yang dibuat.

2. Lakukan rutinitas

Usahakan anak-anak menjalani rutinitas yang sudah ada atau bisa juga membuat yang baru. Contohnya, jika biasanya anak bangun pagi untuk bersiap pergi ke sekolah. Selama pandemi, biarkan mereka bangun pagi, beri sarapan kemudian ajak berolahraga.

3. Buat peraturan bersama

Buatlah peraturan bersama anak terkait bagaimana, kapan dan di mana anak boleh memegang gadget. Atur juga durasi penggunaan gadget misalnya 30-60 menit setelah jam tidur siang. Selain itu, atur juga kapan dan saat apa anak-anak sama sekali tidak boleh memegang gadgetnya.

4. Biarkan anak belajar dari aktivitas sehari-hari

Di masa pandemi seperti sekarang ini, orangtua bisa memanfaatkan waktunya untuk mengajari banyak hal dan bisa dilakukan bersama-sama. Seperti saat berkebun, orangtua bisa mengajarkan anak mengenai nama-nama tumbuhan, manfaat dan cara menanam. Rencanakan rutinitas bersama-sama dengan anak. Tentu ini akan menjadi aktivitas baru dan menyenangkan bagi anak.

5. Tempat yang baik

Siapkan tempat khusus agar anak bisa fokus saat memegang gadget untuk belajar daring. Jangan biarkan mereka belajar daring di depan tv atau di meja makan. Hal ini bisa menjadikan kebiasaan sambil makan atau nonton tetap mau pegang gadget.

Tips cegah anak kecanduan gadget ini akan berhasil jika orangtua juga menjadi contoh bagi anak. Jangan sampai orangtua melarang tapi dirinya sendiri malah asik makan sambil pegang hp. Ingat anak itu peniru yang ulung.

6. Ajarkan anak untuk bertanggung jawab

Ajari anak bertanggung jawab selama melakukan sekolah daring. Termasuk menghormati guru selama kegiatan belajar mengajar berlangsung meski dilakukan dari rumah. Selain itu, ajari juga anak bertanggung jawab dalam menggunakan gadget.

7. Jaga anak selama belajar daring

Sebisa mungkin saat anak memakai gadget untuk berselancar di internet harus dalam pengawasan orangtua. Anda bisa mengaktifkan menu kontrol orangtua untuk meminimalisir risiko daring.

8. Pahami setiap emosi

Penting bagi orangtua untuk memahami emosi dan perasaan yang diekspresikan anaknya. Sebaiknya orangtua belajar memperhatikan dan menerima perasaannya, serta tidak memaksakan apa yang diharapkan orangtua.

9. Tetap terhubung dengan teman dan keluarga

Meski di rumah saja, anak harus tetap terhubung dengan teman dan keluarganya. Biarkan mereka video call untuk bisa berkomunikasi dengan teman-temannya atau saudaranya.

10. Fleksibilitas pada anak

Meski beberapa tips cegah anak kecanduan gadget di atas menekankan peraturan dan disiplin jadwal pada anak, beberapa anak memerlukan tingkat fleksibilitas yang berbeda-beda. Orangtua harus belajar memahami dan menyeimbangkan apa kebutuhan ataupun keinginan mereka.

Jika ada dua anak dalam satu rumah, meski dilahirkan dari orangtua yang sama bukan berarti pola asuhnya harus sama. Karena pasti ada perbedaan dari anak-anak tersebut. Jangan dipaksa, beri dukungan tapi tetap harus diberitahu batasannya.

Semoga tips cegah anak kecanduan gadget ini berhasil diterapkan orangtua selama masa pandemi. Selamat mencoba. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: