Artikel

Libas Singapura, Indonesia Melenggang ke Final Piala AFF 2020

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia berhasil menundukkan Tim Singapura dengan skor 4-2 di Semi Final. Dengan hasil tersebut, Indonesia berhasil mengamankan slot di partai Final Piala Suzuki AFF 2020. 

Jalannya Pertandingan

Partai semi final Indonesia vs Singapura leg kedua digelar di National Stadium di Singapura Sport Hub pada Sabtu (25/12) malam. Partai tersebut merupakan penentuan setelah pada leg sebelumnya kedua pihak saling berbagi skor 1-1. 

Dalam pertandingan itu, Indonesia berhasil membuka keunggulan melalui Ezra Walian pada menit ke-11. Drama terjadi pada menit ke 45+2 dimana pemain Singapura Safuwan Baharudin diusir dari lapangan oleh kartu merah wasit. 

Kalah jumlah pemain tidak membuat tim Singapura mengendorkan tempo permainan. Terbukti, dua menit setelah kartu merah Safuwan, Singapura berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Song Ui-young pada menit ke 45+4. 

Skor 1-1 kemudian bertahan hingga turun minum. 

Semangat juang tim Singapura ternyata masih berlanjut di babak kedua. Namun Singapura kembali harus kehilangan pemainnya setelah Irfan Fandi mendapat kartu merah pada menit ke-67. 

Bermain dengan 9 pemain sama sekali tidak mengendurkan semangat tim Singapura. Pada menit ke-74, Shahdan Sulaiman justru mencetak gol ke gawang Indonesia yang membuat kedudukan berbalik 1-2 untuk Singapura. 

Indonesia yang unggul jumlah pemain juga tidak mau kalah. Para pemain terus menekan pertahanan Singapura. Alhasil, pada menit ke-87 Pratama Arhan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. 

Pada waktu injury time babak kedua, Singapura mendapat hadiah penalti. Namun, tendangan Faris Ramli berhasil dimuntahkan dengan apik oleh penjaga gawang Indonesia Nadeo Argawinata.

Karena imbang, pertandingan harus dilanjutkan hingga babak perpanjangan waktu 2x15 menit. 

Drama pertandingan terjadi di masa perpanjangan waktu itu. Pada menit ke-91, pemain Singapura Syawal Anuar mencetak gol bunuh diri sehingga kedudukan menjadi 3-2 untuk keunggulan Indonesia. 

Pada menit 115+2, Indonesia berhasil mengamankan kemenangan dengan gol tambahan dari Egy Maulana.



Menjelang akhir babak perpanjangan waktu tepatnya di menit 119, pemain Singapura Hassan Sunny diusir wasit melalui kartu merah. 

Pertandingan penuh drama itu berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia. Dengan hasil tersebut, Indonesia berhak melaju ke final melawan pemenang antara Vietnam vs Thailand. 

Partai final AFF 2020 akan berlangsung dalam dua leg yaitu pada Rabu, 29 Desember 2021 dan Sabtu, 1 Januari 2022. (wil)