Artikel

Lima Makanan Terbaik untuk Jaga Kesehatan Jiwa saat Pandemi Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pandemi Covid-19 membuat semua orang mengalami stres hingga frustasi dengan berbagai hal. Mulai dari kehilangan pekerjaan, kehilangan orang yang dikasihi, hingga tidak bisa beraktivitas seperti biasanya karena harus di rumah saja dalam kurun waktu yang lama.

Konsumsi makanan yang tepat tidak hanya menyehatkan tubuh tapi juga meningkatkan kesehatan jiwa. Lima asupan makanan berikut ini bisa membantu meningkatkan kesehatan jiwa Anda saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

1. Lemak ikan

Makanan kaya asam lemak omega-3 tinggi seperti ikan salmon, sarden, makarel dan ikan kembung terbukti bisa mengurangi gejala depresi, skizofrenia, dan gangguan mental lainnya.

Penelitian tahun 2005 yang dimuat dalam jurnal Archives of Neurology menemukan seseorang berusia 65 tahun yang mengkonsumsi ikan dua kali dalam seminggu selama enam tahun terhindar dari penurunan fungsi kognitif sebanyak 13 persen dibanding yang tidak teratur konsumsi ikan. Hal ini karena pengaruh kandungan asam omega-3 pada produksi neurotransmitter seperti dopamin dan serotonin, yaitu bahan kimia otak yang bertanggung jawab terhadap suasana hati kita.

2. Sayuran hijau

Kandungan asam amino dalam sayuran hijau bisa mempengaruhi produksi hormon yang mengendalikan suasana hati. Makanlah sayuran hijau seperti bayam, sawi, brokoli yang kaya asam folat serta bit dan lentil untuk meningkatkan fungsi otak dan kesehatan mental.

3. Gandum utuh

Karbohidrat merupakan bahan bakar utama tubuh yang terdiri dari gula. Ada dua jenis karbohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana mudah dipecah dalam tubuh, tapi bisa memicu kenaikan gula darah secara signifikan.

Sedangkan karbohidrat kompleks butuh waktu lebih lama untuk memecahkan gula, tapi bisa lebih lama menyimpan energi. Penelitian menunjukkan asupan gula berlebih bisa meningkatkan gangguan mental umum seperti rasa cemas dan depresi. Contoh karbohidrat kompleks adalah whole grain (gandum utuh). Selain kaya serat, whole grain menyediakan sumber bahan bakar yang baik untuk otak dan tubuh sehingga bisa dikaitkan dengan kesehatan psikologis yang lebih baik.

4. Buah beri

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food CHemistry menemukan suplemen dalam jus buah beri biru liar (blueberry) telah membantu sembilan orang dewasa mengembalikan ingatan mereka. Sedangkan laporan tahun 2009 di Jurnal Nutrisi menyebutkan stroberi dan blueberry mengandung antioksidan yang tinggi. Kedua buah ini juga bisa menurunkan stres dan meningkatkan daya tangkap otak.

5. Makanan fermentasi

Aneka makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, acar, kefir, tahu, dan tempe mengandung bakteri baik yang disebut probiotik. Probiotik membantu mengurangi depresi karena kandungan bakteri baik yang bernama Lactobacillus.

Di dalam usus, Lactobacillus berfungsi mengusir bakteri jahat yang menyebabkan kerusakan seperti memblokir produksi hormon serotonin dan dopamin. Karena itu, makan lah makanan yang mengandung probiotik secara teratur untuk mengurangi gejala gangguan kecemasan serta melawan kerusakan di otak. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: