Artikel

Lima Profil Lulusan Perguruan Tinggi Harapan Presiden

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo punya harapan tersendiri dari setiap lulusan perguruan tinggi di masa depan. Harapan ini disampaikan Kepala Negara dalam perbincangan mengenai Kampus Merdeka yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta.

Menurutnya, ada lima hal yang ia harapkan tertanam dengan baik pada diri setiap lulusan perguruan tinggi Indonesia.

"Pertama, lulusan kita harus sangat kuat dedikasinya untuk kemanusiaan dan kemajuan bangsa serta toleransi dalam kebhinekaan. Itu watak yang tidak boleh ditawar," kata Presiden mengutip keterangan pers yang diterima, Selasa (15/6).

Kedua, menurut Presiden, lulusan perguruan tinggi Indonesia harus memiliki karakter dan kemampuan menjadi seorang pembelajar yang kuat. Mereka harus mau belajar dan mengembangkan pengetahuan yang sudah didapat.

Di masa depan yang penuh dengan disrupsi, ketidakpastian, perubahan-perubahan besar, hingga kompetisi, kemampuan untuk terus belajar sepanjang hayat merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki.

"Tanpa belajar terus-menerus, lulusan kita akan tertinggal oleh perkembangan iptek yang sangat pesat," kata Presiden.

Ketiga, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan lulusan perguruan tinggi Indonesia jangan hanya memiliki kemampuan akademik, tapi juga memiliki kemampuan berinovasi dan menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan sosial yang ada di tengah masyarakat.

Keempat, lulusan perguruan tinggi harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru. Untuk saat ini, mungkin saja ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru dimaksud masih belum dapat dimiliki atau dihadirkan di perguruan-perguruan tinggi di Indonesia. Namun, para lulusan tersebut diharapkan dapat mengambil pelajaran dari perkembangan yang biasanya sudah berjalan di dunia industri.

"Karena itu, keterlibatan industri dalam pendidikan di kampus sangatlah penting. Juga kerja sama antar kampus untuk mempercepat proses pengembangan dan penguasaan iptek terbaru," kata Presiden.

Yang kelima, lulusan perguruan tinggi Indonesia tidak hanya siap mengisi lapangan pekerjaan yang tersedia. Namun, para lulusan tersebut diharapkan mampu berkontribusi menciptakan lapangan kerja di Indonesia.

"Inilah pentingnya pendidikan kewirausahaan. Interaksi yang intensif dengan industri juga menjadi kunci penting bagi karya-karya inovatif lulusan kita," ujar mantan Wali Kota Solo ini. (CHE)


5 komentar untuk “Lima Profil Lulusan Perguruan Tinggi Harapan Presiden”

oleh Bintang faisal  5 bulan yang lalu

"Ikuti semua program yg menurut diri sendiri cocok lalu asah dan terus belajar"

oleh Budi setya  5 bulan yang lalu

"Semangat untuk semua calon lulusan terbaik"

oleh Zirasti ningrum  5 bulan yang lalu

"Presiden sudah berharap, skrng memikirkan dan lakukan bagaimana kita mewujudkannya"


Berikan Komentar: