Artikel

Mantap! 95 Persen Penyandang Disabilitas Sudah Divaksinasi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Penyandang disabilitas turut menjadi target sasaran dalam program vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan pemerintah dalam rangka mewujudkan kekebalan komunal. Hingga saat ini, 95 persen penyandang disabilitas sudah mendapatkan vaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudhistia saat berkunjung ke Kantor Kementerian Sosial pada Rabu (29/9) lalu. Menurutnya, angka 95 persen itu sudah dicapai oleh enam provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten, DKI Jakarta dan DI Yogyakarta.

"Vaksinasi disabilitas dan pendamping di enam provinsi untuk dosis satu sudah 95 persen, artinya untuk mencapai kekebalan kelompok penyandang disabilitas telah terbentuk," ujar Angkie melansir Antara, Sabtu (2/10).

Angkie menjelaskan, pemerintah menggunakan vaksin merk Sinopharm untuk memvaksinasi penyandang disabilitas dan pendamping ini. Diketahui, Sinopharm diperoleh dari hibah Uni Emirat Arab berjumlah 450.000 dosis. Sementara target vaksinasi penyandang disabilitas sendiri mencapai 225.000 orang.

Vaksinasi kepada penyandang disabilitas ini, lanjut Angkie, merupakan hasil kolaborasi antara tiga kementerian, yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, dan Kementerian Dalam Negeri.

"Saat ini dosis kedua sedang berjalan, karena dari dosis satu ke dosis dua sudah 20 persen," imbuhnya.

Capaian Vaksninasi Nasional

Melansir data vaksin.kemkes.go.id per Jumat, 1 Oktober 2021, vaksinasi dosis pertama di Indonesia sudah mencapai 92.661.146 atau 44,49 persen dari target sasaran.

Dari angka tersebut, 52.015.164 di antaranya sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau setara dengan 24,98 persen dari target.

Adapun target sasaran vaksinasi di Indonesia berjumlah 208.265.720.


0 komentar untuk “Mantap! 95 Persen Penyandang Disabilitas Sudah Divaksinasi”
Berikan Komentar: