Artikel

Mantap! Indonesia Dongkrak Laju Ekspor Nonmigas ke Kancah Global

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya meningkatkan ekonomi nasional dengan terus mendongkrak laju ekspor produk nonmigas Indonesia salah satunya lewat produk tisu.

Upaya ini guna menjaga pertumbuhan ekonomi nasional di tengah tekanan ekonomi global dan pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga saat melakukan pelepasan ekspor produk tisu sebanyak 130 ton ke Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Tiongkok, dan Australia, di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (10/6).

“Ekspor ini membuktikan Indonesia sebenarnya bisa menghasilkan produk-produk berkualitas yang punya nilai tambah tinggi sehingga peran Indonesia di level global bisa terus ditingkatkan. Karena kita punya kemampuan dan sumber daya,” jelas Wamendag.

Wakil Menteri menambahkan, pentingnya diversifikasi ekspor dari segi tujuan maupun jenis produk. Untuk mendukung diversifikasi ini salah satunya dilakukan melalui perjanjian perdagangan. Perjanjian perdagangan memberikan insentif, baik dari sisi tarif maupun nontarif terhadap banyak sekali produk ekspor Indonesia.

"Terkait pengembangan pasar ekspor ke Pakistan, kita akan mendorong ekspor tisu ke Pakistan. Kita berharap mendapat tarif 0 persen karena adanya perjanjian perdagangan," ungkapnya.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) Emil E. Dardak meminta dukungan Kemendag dalam peningkatan ekspor. Menurutnya, banyak potensi produk berkualitas yang bisa bersaing di pasar global, salah satunya produk tisu.

"Kami sangat mengharapkan peran Kemendag untuk ikut membantu peningkatan ekspor dari Jawa Timur baik produk hortikultura, kerajinan, maupun produk pangan karena potensinya sangat besar," kata Wagub Jatim. (CHE)