Artikel

Mantap! Kasetpres Serahkan Bantuan ke Sejumlah Provinsi

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Bantuan sosial dalam rangka menjamin kebutuhan warga terdampak pandemi terus digulirkan oleh pemerintah. Kali ini, bantuan akan diserahkan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono ke sejumlah provinsi yang menerapkan PPKM Level 4.

Provinsi-provinsi tersebut antara lain Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Menurut Heru, bantuan yang akan diserahkan berupa beras dan oksigen konsentrator. Bantuan akan diserahkan kepada pemerintah daerah (Pemda), Kepolisian Daerah (Polda), dan Komando Daerah Militer (Kodam) provinsi tersebut.

Heru mengatakan, bantuan-bantuan tersebut dihimpun dari pengusaha di Yayasan Tzu Chi dan pengusaha yang cinta NKRI. Tujuannya adalah meringankan beban warga yang berada di provinsi-provinsi tersebut.

"Bantuan ini untuk membantu para warga kita di Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan tentunya nanti menyusul Sulawesi Utara ingin memberikan keringanan bantuan. Tentunya mohon jajaran Pak Kapolda, Pak Pangdam untuk bisa mendistribusikannya,” ujar Kasetpres mengutip siaran persnya, Selasa (3/8).

Bantuan tersebut akan mulai diproses hari ini. Heru berharap dalam satu atau dua hari ke depan bantuan sudah dapat diterima oleh Pemda, Polda, dan Kodam. Selanjutnya, ia meminta bantuan tersebut agar dicatat sebagai barang milik negara setelah diterima.

“Mekanismenya khusus untuk oksigen konsentrator mohon diberikan kepada RSUD (rumah sakit umum daerah) sesuai dengan kewenangan bapak dan kami mohon hari ini langsung dicatat sebagai milik barang negara di wilayah bapak ibu sekalian,” ucap Kasetpres.

Adapun bantuan yang diberikan terdiri dari beras yang dikemas masing-masing 5 kg dan oksigen konsentrator dengan rincian sebagai berikut:

  1. Provinsi Sumatera Selatan diberikan 30 ribu karung beras untuk Polda, 15 ribu karung beras untuk Kodam, dan 50 unit oksigen konsentrator untuk Pemda.

  2. Provinsi Kalimantan Timur diberikan masing-masing 20 ribu karung beras untuk Polda dan Kodam, serta 110 unit oksigen konsentrator untuk Pemda dengan catatan sepuluh unit oksigen konsentrator khusus diberikan kepada Kabupaten Nunukan.

  3. Provinsi Sulawesi Selatan diberikan masing-masing 20 ribu karung beras untuk Polda dan Kodam, serta 50 unit oksigen konsentrator untuk Pemda.

  4. Provinsi Sulawesi Utara diberikan 20 ribu karung beras untuk Polda, 50 ribu karung beras untuk Kodam, dan 50 unit oksigen konsentrator untuk Pemda.

Perwakilan dari sejumlah daerah mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Mereka juga menyatakan akan segera mempersiapkan terkait mekanisme pengaturan, penerimaan, hingga pendistribusian bantuan. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


3 komentar untuk “Mantap! Kasetpres Serahkan Bantuan ke Sejumlah Provinsi”

oleh Geby vesti  3 bulan yang lalu

"Semoga bantuan yg lainnya cepat disalurkan"

oleh Kamil putra  3 bulan yang lalu

"Semoga bantuan yg disalurkan tepat sasaran ya"

oleh Lilis herlina  3 bulan yang lalu

"Alhamdulillah saudara2 kami yg didaerah juga mendapatkan bantuan"


Berikan Komentar: