Artikel

Mantap! Pentolan KKB Yahukimo Berhasil Diringkus

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Upaya memastikan keamanan di wilayah Papua dari ancaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terus dilakukan. Teranyar, aparat gabungan TNI-Polri berhasil meringkus pentolan KKB Yahukimo pada Sabtu (27/11).

Dirangkum dari berbagai sumber, pentolan KKB Yahukimo yang berhasil diringkus atas nama Demius Magayang alias Temianus Magayang. Ia adalah Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo.

Demius Magayang ditangkap dalam operasi gabungan yang dilakukan di lokasi PT Indopapua, tepatnya jalan Gunung Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo. Demias ditangkap sekitar pukul 12.00.

Detail penangkapan Demius ini salah satunya diungkap oleh Kepala Satgas Humas Nemangkawi, Kombes Kamal Mustofa.

"Bertempat di seputaran PT Indopapua jalan gunung distrik Dekai Kabupaten Yahukimo telah dilakukan penangkapan terhadap DPO Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo Demius Magayang," katanya.

Dijelaskan Kamal, saat penangkapan aparat harus menembakkan timah panas ke arah pergelangan kaki kiri Demius. Aparat yang menangkapnya oun harus menyamar jadi warga biasa yang mengendarai mobil truk.

Dalam penyamaran itu, telah ditentukan satu tempat di mana mobil truk yang mengangkut aparat itu mogok. Benar saja, beberapa saat kemudian Demius dengan lima anggotanya melintas lokasi itu dengan menaiki mobol hilux.

"Tim langsung melakukan penangkapan terhadap Demius Magayang alias Temius Magayang bersama empat orang lainnya," lanjut Kamal.

Selain menangkap Demius dan anak buahnya, aparat juga mengamankan barang bukti berupa senjata api pendek rakitan, 8 butir amunisi dengan berbagai ukuran, serta ponsel.

Akibat tembakan di kaki kirinya, Demius langsung dilarikan ke RSUD Dekai untuk menjalani perawatan.

Demius Magayang merupakan Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo. Ia DPO atas rentetan kasus pembunuhan di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo. (WIL)