Artikel

Masih Pandemi, Ini Tips Meningkatkan Imun Tubuh Lansia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Salah satu kelompok usia yang rawan jika terpapar Covid-19 saat pandemi seperti ini adalah warga lanjut usia atau lansia. Selain usia mereka yang sudah menua, kondisi tubuh mereka juga sering sakit sehingga sangat rentan dengan Covid-19. Maka, perlu tips khusus untuk meningkatkan imun tubuh lansia ini.

Apa Itu Lansia?

Lansia adalah kependekan dari lanjut usia. Lansia dapat diartikan sebagai seorang yang telah mencapai usia 60 tahun atau lebih. Lansia merupakan penyakit, melainkan proses yang terjadi berangsur-angsur dan mengakibatkan perubahan kumulatif.

Dalam lansia, proses berangsur yang terjadi menyebabkan penurunan daya tahan tubuh dalam menghadapi rangsangan baik dari dalam maupun luar tubuh. Proses menjadi lansia atau menua dipahami sebagai keadaan yang lumrah dalam kehidupan manusia.

Pada praktiknya, lansia memiliki beberapa kriteria berdasarkan batas usia masing-masing. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), lansia terbagi jadi tiga, yaitu usia lanjut (elderly) antara 60-74 tahun; usia tua (old) antara 75-90 tahun; dan usia sangat tua yaitu di atas 90 tahun.

Sementara, Kementerian Kesehatan pada tahun 2005 juga membagi lansia dalam 3 kategori, yaitu usia lanjut presenilis antara 45-59 tahun; usia lanjut antara 60 tahun ke atas; dan usia lanjut berisiko yaitu 70 tahun ke atas.

Tips Meningkatkan Imun Tubuh Lansia

Karena proses lansia juga diiringi dengan penurunan daya tahan tubuh, maka diperlukan beberapa tips atau cara dalam rangka menjaga imun tubuh mereka tetap bagus.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh lansia:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Makanan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Dengan makan makanan bergizi dan sehat, tubuh dan imun seseorang juga akan meresponsnya dengan baik dan menghasilkan kesehatan pula.

Untuk lansia, makan makanan sehat penting agar tubuh mereka tetap kuat dan sehat. Mengonsumsi makanan sehat ini juga bisa ditunjang dengan vitamin dan suplemen, serta mengurangi makanan tak sehat seperti gula, lemak, makanan cepat saji, dan sebagainya.

2. Menjaga berat badan

Kelebihan berat badan akan menjadi masalah kesehatan tersendiri bagi seseorang, tak terkecuali lansia. Oleh karena itu, penting bagi lansia untuk menjaga berat badannya agar tetap berada di batas sehat.

3. Tidur cukup

Seiring bertambahnya usia, tidur menjadi salah satu aktivitas yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan imun tubuh. Bagi lansia, penting untuk menjaga pola tidur ideal 8 jam sehari.

4. Tetap aktif

Lansia identik dengan masa pensiun. Kebanyakan, karena merasa sudah tidak produktif bekerja, lansia akan menghabiskan waktunya dengan bersantai saja. Ada bagusnya memang, tapi menjaga agar tetap aktif juga jauh lebih baik.

Aktif bagi lansia juga tidak berarti harus bekerja. Mereka bisa rutin berolahraga, menekuni hobi yang belum sempat disalurkan saat usia produktif, atau bermain dengan cucu dan berkebun.

5. Habiskan waktu di luar ruangan

Poin yang satu ini masih berkaitan dengan keaktifan di atas. Dengan beraktivitas di luar ruangan, selain menjaga tetap aktif juga membuat seseorang terpapar sinar matahari sebagai sumber vitamin D yang cukup baik untuk kesehatan dan imun tubuh.

6. Stop rokok

Rokok merupakan racun yang bisa menggerogoti kesehatan dan organ tubuh manusia, termasuk imunitas. Banyaknya bahan kimia dalam rokok menimbulkan beragam penyakit. Untuk itu, lansia yang memang mengalami penurunan secara fisik harus bisa mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok.

7. Ikut vakinasi

Di masa pandemi, penting bagi lansia untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Hal ini untuk menghindarkan mereka dari keterpaparan Covid-19, atau menghindari diri dari gejala berat jika terpapar.

Namun, lansia juga perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait mana jenis vaksin yang cocok untuk kondisis tubuhnya, terlebih bagi yang memiliki penyakit bawaan atau komorbid.

Itulah beberapa tips meningkatkan imun tubuh lansia baik di masa pandemi maupun tidak. Selain itu, lansia juga perlu tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker saat beraktivitas, rajin mencuci tangan hingga menjauhi kerumunan. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


0 komentar untuk “Masih Pandemi, Ini Tips Meningkatkan Imun Tubuh Lansia”
Berikan Komentar: