Artikel

Masih Pandemi, Olimpiade Tokyo 2020 Dibuka Tanpa Penonton

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akan dilakukan pada hari ini, Jumat, 23 Juli 2021. Namun ada yang berbeda. Tidak seperti pembukaan olimpiade pada umumnya, Olimpiade Tokyo 2020 ini akan dibuka tanpa penonton lantaran masih pandemi Covid-19.

Panitia Pelaksana Olimpiade Tokyo 2020 sengaja mengosongkan Olympic Stadium pada pembukaan yang dilakukan pukul 18.00 WIB itu. Disebutkan, dalam pembukaan hanya ada 10.000 orang, terdiri dari para diplomat, sponsor dan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Padahal, Panpel awalnya ingin menjadikan ajang pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 ini sebagai pemulihan dan rekonstruksi setelah gempa dan tsunami mengguncang Jepang pada Maret 2011 lalu. Namun, pandemi Covid-19 membuat rencana tersebut harus dibatalkan.

Sebagai gantinya, pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akan mengusung tema "United by Emotion". Secara garis besar, tema ini diharapkan bisa menjadi media pemersatu publik dunia untuk bersama-sama bangkit dan merasakan kegembiraan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia selama 1,5 tahun terakhir.

Beberapa acara pokok yang akan tersaji di Opening Ceremony Olimpiade Tokyo 2020 adalah sambutan perwakilan Pemerintah Jepang, pengibaran bendera Olimpiade, pengambilan sumpah perwakilan atlet dan pelatih, parade kontingen atau negara peserta, hingga penyalaan api obor Olimpiade.

Presiden Olimpiade Tokyo 2020, Seiko Hashimoto berharap, pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akan berlangsung lancar dan khidmat meski tanpa kehadiran penonton.

Namun demikian, Hashimoto berharap pesan-pesan rekonstruksi dari gempa 2011 yang sedianya akan mewarnai pembukaan itu tetap tersirat.

"Seharusnya ada di sana (pemulihan usai gampa). Tapi saya tidak bisa mengungkapkan isi dari apa yang akan kami tampilkan selama upacara. Karena situasi pandemi ini, kami ingin sebanyak mungkin orang melihat keadaan pemulihan. Ini tidak akan menjadi festival. Apa yang saya pikirkan adalah bahwa kita akan mengadakan upacara yang khidmat tetapi dengan semangat pemulihan," kata Hashimoto seperti dikutip dari Insidethegamez via Okezone, Jumat (23/7).

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: