Artikel

Melawat ke Luar Negeri, Presiden Bawa Oleh-oleh Investasi Ratusan Triliun

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo membawa pulang komitmen investasi ratusan triliun dari kunjungannya ke beberapa negara pekan lalu.

Diketahui, Presiden melakukan kunjungan ke tiga negara dengan agenda yang berbeda-beda. Negara pertama yang dikunjungi adalah Italia untuk mengikuti KTT G20.

Dari Italia, Presiden bertolak ke Skotlandia untuk menghadiri konferensi iklim yang digelar di Glasgow. Kemudian, kunjungan terakhir adalah Uni Emirat Arab (UEA).

Berdasarkan rilis Biro Setpres yang diterima, Senin (8/11), Presiden membawa pulang komitmen investasi senilai 41,99 miliar dolar AS, atau setara dengan Rp 599,17 triliun (kurs Rp 14.300 per dolar AS).

Komitmen investasi saat kunjungan ke UEA mencapai 32,7 miliar dolar AS. Jumlah tersebut didapat dari 19 perjanjian kerja sama yang pertukarannya dilakukan pada Kamis, 4 November 2021, saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Dubai.

Komitmen bisnis dan investasi tersebut antara lain kerja sama antara Indonesia Investment Authority (INA) dengan Abu Dhabi Growth Fund (ADG), INA dan DB World, floating solar panel antara Masdar dan Pertamina, refinery Balikpapan, manufaktur dan distribusi vaksin dan bio product.

Selain itu juga berbagai kesepakatan G42 dengan mitra di Indonesia, antara lain di bidang smart cities, telekomunikasi, pengembangan laboratorium genomic, dan lain sebagainya.

Namun demikian, pemerintah melalui Menteri Investasi Bahlil Lahadalia masih berusaha untuk menjadikan 32,7 miliar dolar AS itu genap 35 miliar dolar AS.

Sementara itu, kunjungan Presiden ke Glasgow sebelumnya juga menghasilkan komitmen investasi mencapai 9,2 miliar dolar AS. (WIL)