Artikel

Mendikbud-Ristek Bakal Fokus Tingkatkan Kualitas Inovasi Riset

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Nadiem Anwar Makarim baru saja dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) hari ini Rabu(28/4).

Dia mengungkapkan, sebelum bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju, bidang riset dan teknologi adalah bidang yang ditekuninya selama ini.

Karena itu Nadiem ingin meningkatkan kualitas dan inovasi pendidikan di bidang riset dan teknologi.

“Riset dan teknologi adalah hal yang sangat dekat di hati saya, suatu hal yang telah saya tekuni sebelum saya melakukan tugas ini, sebelum di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Nadiem seperti dikutip dari laman Setpres, Rabu(28/4).

Oleh karenanya, Nadiem berharap ke depannya semakin banyak mahasiswa dan dosen yang melakukan penelitian. Kementeriannya, kata Nadiem akan bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk mendukung aktivitas penelitian seperti Kampus Merdeka di dalam badan-badan yang ada di bawah koordinasi BRIN.

Menurutnya, penelitian dan penerapan Kampus Merdeka sejalan dengan program link and match juga sangat diperlukan dengan kondisi sekarang ini. Mahasiwa diharapkan tidak sekadar mendapatkan ilmu dan pendidikan dari kampus tapi juga lewat riset, proyek-proyek sosial, maupun program magang langsung di industri.

Untuk diketahui, Kemendikbud-Ristek merupakan gabungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi. Penggabungan dua kementerian ini telah mendapatkan persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat.

“Ini menjadi kabar gembira bagi Universitas karena sekarang dari sisi riset maupun transformasi pendidikan ada dalam satu kementerian sehingga satu pintu dan rektor semakin mudah untuk bisa berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” jelas Nadiem. (CHE)