Artikel

Menko Perekonomian: Ekonomi Indonesia Tunjukkan Sinyal Positif

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto, menyampaikan adanya tanda positif perekonomian Indonesia. Angka realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mengalami kenaikan. Selain itu, beberapa indikator seperti neraca perdagangan dan pertumbuhan ekspor impor juga menunjukkan perkembangan yang positif.

"Dilaporkan bahwa realisasi PEN naik Rp60,72 triliun atau 26,3 persen yaitu sebesar Rp123,26 triliun," ungkap Menteri Airlangga usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Senin (24/5), dikutip dari keterangan Sekretariat Presiden.

Mengenai pemulihan ekonomi, Menteri Airlangga menjelaskan beberapa konsensus revisi yang kisarannya antara 6,7 sampai 7,1 persen. Menurutnya, neraca perdagangan surplus 2,19 persen, pertumbuhan ekspor naik 51,94 persen, dan impor tumbuh 29,93 persen.

Sementara dari indikator sosial, Menteri Airlangga melanjutkan, perekonomian Indonesia juga begerak menuju arah yang menggembirakan. Hal itu ditandai dengan dampak pandemi yang berangsur berkurang di ketenagakerjaan.

"Pengangguran di Indonesia turun menjadi 6,26 persen dari yang sebelumnya 7,07 persen di bulan Agustus dan penduduk yang terdampak akibat Covid menurun dari 29,12 juta menjadi 19,10 juta," jelasnya.

Menteri Airlangga juga mengungkapkan, dalam rapat terbatas, Kepala Negara memberi arahan untuk mengumumkan tingkat kepatuhan masyarakat. Tingkat kepatuhan masyarakat menggunakan masker di sejumlah daerah sudah berada di atas 70 persen. Daerah-daerah tersebut antara lain Bali 88,89 persen, Jawa timur 87 persen, Jawa Barat 73 persen, Jawa Tengah 75 persen, dan Kepulauan Riau 70 persen.

Namun, masih ada beberapa daerah yang tingkat kepatuhan menggunakan maskernya masih di bawah 70 persen. Daerah-daerah tersebut antara lain Jakarta 65 persen, Riau 67 persen, dan Sumatera Utara 62,76 persen. Daerah-daerah ini, kata Menteri Airlangga, perlu diingatkan. (ACD).


5 komentar untuk “Menko Perekonomian: Ekonomi Indonesia Tunjukkan Sinyal Positif”

oleh Zizi kemala  6 bulan yang lalu

"Terimakasih atas info bahagianyaa☺️☺️"

oleh Gerald thomas  6 bulan yang lalu

"Kita semua berharap selalu menunjukan sinyal positif untuk perekonomian negara kita ini"

oleh Sinta adelia  6 bulan yang lalu

"Pantau terus kemajuannya"


Berikan Komentar: