Artikel

Meriah, Presiden Ikut Main Bola saat Pembukaan PON XX Papua

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (2/10) malam waktu setempat. Acara pembukaan itu dilaksanakan di Stadion Lucas Enembe, Kabupaten Jayapura, dan ditandai dengan letusan kembang api yang saling bersahutan.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku bangga berada di Tanah Papua. Terlebih, kata Presiden, acara pembukaan digelar di Stadion Lucas Enembe yang merupakan salah satu stadion terbaik di Asia-Pasifik.

"Kita bangga membuka PON XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di Tanah Papua," kata Presiden mengutip siaran pers Biro Setpres, Minggu (3/10).

Sejumlah penampilan kesenian turut menambah kemeriahan pembukaan PON XX Papua. Rangkaian acara dimulai dengan Tarian Selamat Datang khas Papua, yang kemudian dilanjutkan dengan lagu "Tanah Papua" yang dibawakan sejumlah penyanyi asli Papua.

Acara berikutnya adalah defile kontingen seluruh provinsi memasuki arena pembukaan seraya membawa papan nama masing-masing provinsi. Sementara bendera PON memasuki lapangan dengan dibawa 8 atlet legendaris Papua sperti Raema Lisa Rumbewas, Benny Maniani, Erni Sokoy, Novilus Yoku, Kartika Monim, Melly Mofu, Rully Rudolf Nere, dan Imanuel Daundi.

Persembahan kesenian berikutnya tarian ”5 Wilayah Adat”, tarian ”Sacredness of Papua”, tarian ”Flora dan Fauna”, tarian ”Majestic of Sailormen”, dan tarian ”Papua Torang Bisa” menghibur seisi stadion. Prosesi penyalaan kaldron dilakukan oleh legenda sepakbola Papua Boaz Solossa dibarengi kembang api di udara semakin memeriahkan acara.

Presiden Main Bola

Di tengah acara pembukaan itu, ada seorang anak kecil asli Papua yang menghampiri Presiden Jokowi yang saat itu mengenakan jaket merah putih dengan lambang garuda dan tulisan PON XX besar. Anak itu ternyata mengajak Presiden turun ke lapangan untuk bermain bola dengan legenda sepak bola Indonesia Jack Komboy dan lainnya.

“Bapak Presiden, mari sini, ikut kita,” ajak seorang anak kecil yang mengenakan pakaian khas daerahnya dan membawa alat musik tifa.

Presiden lantas tersenyum dan menuruti ajakan anak kecil tersebut. Riuh penonton mengiringi masuknya Presiden Jokowi ke arena lapangan tempat Jack Komboy dan tiga lainnya bermain bola.

Setelah main bola, anak kecil yang mengajak Presiden tadi menyerahkan alat musik tifa yang dibawanya. Presiden kemudian menabuh alat musik itu yang diikuti secara serentak oleh para undangan di Stadion Lucas Enembe.

Pesta kembang api di langit stadion makin memeriahkan acara pembukaan PON XX Papua. Tidak hanya di stadion, pesta kembang api juga dilakukan di Jembatan Merah Youtefa, Kota Jayapura.

Presiden Jokowi terlihat bertepuk tangan diiringi dengan antusiasme para penonton. Sesaat sebelum meninggalkan stadion, Presiden kembali ke lapangan untuk menyapa para penari dan tampak berfoto dengan latar belakang penari tersebut. (WIL)

Saksikan video pilihan berikut: