Artikel

Momen Akrab Presiden dan Putra Mahkota Abu Dhabi di Dubai Expo 2021

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo turut meninjau pelaksanaan Dubai Expo pada Kamis (4/11) sore waktu setempat. Dalam peninjauan itu, Presiden didampingi langsung oleh Putra Mahkota Abu Dhabi, Syeikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Presiden Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 18.40 waktu setempat. Awalnya Presiden mengunjungi Paviliun Indonesia dan Paviliun Uni Emirat Arab dalam Expo yang diikuti oleh 191 negara tersebut.

Di Paviliun Indonesia, Presiden disambul oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Di sana juga ada pameran yang terbagi atas tiga zona waktu, yaitu "Indonesia Yesterday" di lantai 1, "Indonesia Today" di lantai 2, dan "Indonesia Tomorrow" di lantai 3.

Menurut Menteri Perdagangan, tiga zona waktu itu dimaksudkan untuk membuka mata dunia dalam melihat kekuatan masa lalu, sekarang, dan masa depan Indonesia sebagai kekuatan global.

"Kami berharap, dunia akan menyaksikan dan mengakui kepulauan kita sebagai peluang untuk berdagang, berinvestasi, dan berkunjung," kata Mendag Lutfi mengutip siaran pers Biro Setpres, Jumat (5/11).

Disambut Pangeran MBZ

Usia berkeliling di Paviliun Indonesia, Presiden Jokowi juga menengok Paviliun UEA selaku tuan rumah. Namun saat akan meninggalkan Paviliun UEA, pihak pengelola meminta Presiden Jokowi untuk menuju ke lantai dua.

Presiden pun memenuhi permintaan tersebut. Rupanya, di lantai dua itu sudah ada sosok yang sedang menunggu Presiden. Sosok tersebut tak lain adalah Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Presiden Jokowi pun langsung menghampiri dan sempat berbincang-bincang. Tak hanya bertemu di paviliun PEA, Pangeran MBZ pun menemani Presiden Jokowi saat menyaksikan pertunjukan budaya di Al-Wasl.

Setelahnya, kedua pemimpin itu lalu berjalan kaki menuju Leadership Paviliun. Di sana, Presiden mengisi buku tamu dengan disaksikan oleh Pangeran MBZ.

Berikutnya, Putra Mahkota turut mengantar Presiden Jokowi hingga ke mobil untuk menuju bandara. Sesampainya di depan mobil, keduanya kembali terlihat asyik mengobrol lama, sebagaimana dua sahabat akrab yang baru bertemu lagi.

Selama menonton pertunjukan budaya pun keduanya tampak mengobrol dengan intens namun hangat. Sebelumnya, saat berada di Paviliun PEA, keduanya juga berbincang berdua.

Saat Presiden berpamitan, Pangeran MBZ memberi hormat yang dibalas oleh Presiden Jokowi. Sang Putra Mahkota bahkan memberi salam yang sangat akrab dan merangkul Presiden Jokowi dengan hangat.

Mobil yang ditumpangi Presiden pun melaju perlahan menuju bandara, mengantarkan Kepala Negara untuk pulang ke Indonesia. (WIL)