Artikel

Mudik Lokal Juga Dilarang, Fix Lebaran di Rumah Saja

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Ketua Satuan Tugas Penanganan (Kasatgas) Covid-19 Doni Monardo berharap kegiatan mudik lokal Idul Fitri 2021 juga dilarang. Alasannya, mobilitas dan kegiatan saat momen Lebaran sangat berpotensi menimbulkan penularan Covid-19.

"Mudik lokal pun kita harapkan tetap dilarang, jangan dibiarkan terjadi mudik lokal, kalau terjadi mudik lokal artinya ada silaturahmi, ada salam-salaman, ada cipika-cipiki, artinya bisa terjadi proses penularan satu sama lain," kata Doni dalam Rapat Koordinasi Satgas Covid-19, Minggu (2/5), seperti dikutip dari Suara.com.

Adapun yang dimaksud dengan mudik lokal adalah perjalanan orang dalam wilayah aglomerasi.

Seperti diketahui, pemerintah telah memberlakukan larangan mudik yang berlaku selama periode 6-17 Mei 2021. Melalui Addendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021, pemerintah memutuskan memberlakukan pengetatan mudik di masa sebelum (22 April--5 Mei 2021) dan sesudah larangan (18--24 Mei 2021).

Doni menambahkan, meski sudah dilarang, diperkirakan masih akan ada 7 persen atau sekitar 18,9 juta orang yang nekat mudik. Karenanya, Doni meminta seluruh pemerintah daerah memperkuat sosialisasi aturan larangan mudik.

"Narasi tentang larangan mudik hendaknya setiap saat dikumandangkan, upaya membuat lomba puisi, video, pantun, ini sangat baik, mudah-mudahan ini bisa mengurangi jumlah yang 7 persen tadi," katanya.

Ia menyarankan seluruh masyarakat tetap di rumah dan bersilaturahmi dengan keluarga serta kerabat secara virtual.

Doni menyebut, larangan mudik dari pemerintah saja tidak akan cukup. Untuk itu, ia juga mengimbau masyarakat untuk turut mengajak orang tua serta keluarga yang berada di kampung halaman untuk bersabar dan tidak mudik. Menurutnya, bersabar adalah salah satu kunci bagi kesuksesan pengendalian pandemi Covid-19.

“Dengan bersabar, kita bisa menyelamatkan banyak orang, baik diri kita sendiri, keluarga kita, dan juga menyelamatkan bangsa kita. Termasuk juga, mereka yang masih punya keinginan untuk mudik, tolong sekali lagi dikendalikan keinginan tersebut, untuk bersabar, jangan mudik,” kata Doni, dalam kesempatan berbeda, dikutip dari laman Presidenri.go.id. (ACD)


0 komentar untuk “Mudik Lokal Juga Dilarang, Fix Lebaran di Rumah Saja”
Berikan Komentar: