Artikel

Nadiem Bertemu Bu Mega, Bahas Pancasila di Dunia Pendidikan

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim bertemu dengan Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri, Rabu (21/4).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas tentang pentingnya Pancasila di dunia pendidikan Indonesia.

Megawati yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengatakan, selain sebagai dasar dan ideologi negara, Pancasila juga berfungsi sebagai kepribadian bangsa Indonesia.

"Sehingga kalau menurut saya, mata pelajaran Pancasila itu wajib masuk dalam kurikulum pendidikan di semua jenjang," kata Megawati dikutip dari Liputan6.com, Kamis (22/4).

Pertemuan tersebut juga menyinggung Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

"Jadi, ini dalam rangka membahas revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan yang sempat menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat," jelas Megawati.

Ditambahkannya, PP tersebut dinilai tidak memasukkan mata pelajaran Pancasila dan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran wajib. Terkait hal itulah ia mengajak Mendikbud Nadiem berdiskusi.

"Jadi, penting mata pelajaran Pancasila dan Bahasa Indonesia dimasukan dalam Standar Pendidikan Nasional karena begitu fundamentalnya fungsi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kita agar generasi muda kita tidak kehilangan jati dirinya," kata Megawati.

Pertemuan tersebut juga diunggah Mendikbud Nadiem dalam akun Instagramnya, yakni @nadiemmakarim.

"Ngobrol dua jam sama Bu Mega, diskusi strategi mempercepat Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila. Saya banyak belajar dari pengalaman beliau," tulis Nadiem mengiringi foto yang diunggah. (ACD)


5 komentar untuk “Nadiem Bertemu Bu Mega, Bahas Pancasila di Dunia Pendidikan”

oleh Sisilia  6 bulan yang lalu

"Ini info yg bener yaa mereka bahas apaa pas ketemu kemarin"

oleh Joana panggabean  6 bulan yang lalu

"Makasih infonyaa, jdi tau pertemuan mereka membahas apa"

oleh Dira safitri  6 bulan yang lalu

"Jadi kita gk asal menebak apa yg mereka bicarakan nih"


Berikan Komentar: