Artikel

Optimalkan Jalur Sepeda, Kapolri Bakal Studi Banding ke Luar Negeri

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berupaya untuk mengoptimalkan jalur sepeda di jalanan Jakarta. Bahkan Kapolri bakal melakukan studi banding ke luar negeri.

"Terkait jalur sepeda, kami akan terus mencari formula yang pas. Kami akan studi banding ke beberapa negara terdekat kita," kata Kapolri saat rapat bersama Komisi III DPR RI, Rabu (18/6).

Dalam studi bandingnya itu, Kapolri akan mempelajari pola yang digunakan negara-negara tujuan perihal penggunaan sepeda. Diharapkan, hasil studi banding bisa menjadi solusi penyelesaian masalah sepeda sebagai alat transportasi maupun berolahraga.

Kapolri menambahkan, nantinya akan ada pengaturan soal rute dan waktu penggunaan sepeda di jalan raya. Sehingga jalur sepeda yang ada tidak mengganggu pengguna jalan lain.

"Jam dibatasi, sehingga tidak mengganggu para pengguna atau moda lain yang memanfaatkan jalur tersebut," tandas eks Kabareskrim tersebut.

Di hadapan anggota Dewan, Kapolri berjanji akan menuntaskan persoalan jalur sepeda di Jakarta yang belakangan menjadi perbincangan itu.

"Ini akan terus kami perbaiki, mudah-mudahan bisa kita laksanakan dengan sebaiknya," pungkasnya.

Dalam rapat tersebut, jalur sepeda terproteksi di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin Jakarta turut menjadi pembahasan. Pasalnya, sejumlah anggota dewan merasa jalur tersebut justru menimbulkan kecemburuan sosial di antara pengguna jalan.