Artikel

Optimisme Konsumen Menguat, Sinyal Ekonomi Membaik

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Bank Indonesia mengadakan Survei Konsumen (SK) untuk mengetahui tingkat optimisme mereka terhadap ekonomi. Hasilnya, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) bulan Mei 2021 mengalami peningkatan daripada April 2021.

BI menyebutkan, IKK Mei 2021 ada di angka 104,4. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan IKK April 2021 yang berada di angka 101,5.

Dalam keterangan tertulisnya, BI menyebut keyakinan konsumen ini membaik pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden.

"Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di enam kota yang disurvei. Tertinggi di Medan, diikuti Surabaya dan Manado," tulis BI yang dikutip Sabtu (12/6).

Selain keyakinan konsumen, ekspektasi konsumen pada ekonomi juga menunjukkan stabilitas. Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) bulan Mei 2021 berada di angka 122,1. Angka ini stabil jika dibanding IEK bulan April yang ada di angka 122,6.

Sementara melansir laporan Tim Riset CNBC Indonesia, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan terpantau relatif stabil dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya.

Ekspektasi ketersediaan lapangan kerja meningkat, sementara ekspektasi terhadap kegiatan usaha dan penghasilan cukup kuat meskipun lebih rendah dibandingkan dengan level pada bulan sebelumnya.

Hal itu dikuatkan dengan proporsi penghasilan yang dipakai belanja naik dari 75,5 persen bulan April, menjadi 75,8 persen di bulan Mei. Angka di bulan Mei ini termasuk tertinggi sejak tahun 2012.

Proporsi pendapatan konsumen yang disimpan (saving to income ratio) yang tercatat sebesar 14,6%, turun tipis dibandingkan 14,8% pada bulan sebelumnya dan rata-rata rasio pembayaran cicilan/utang (debt to income ratio) sebesar 9,6%, juga turun tipis dibandingkan 9,7% pada bulan sebelumnya. (WIL)