Artikel

Otsus Papua, Berkah dari Pemerintah Pusat

 
 | Arusbaik

ArusBaik.id - Puluhan masyarakat Papua yang tergabung dalam Komponen Pemuda Merah Putih Papua (KPMPP) mendukung berlanjutnya Otonomi Khusus (Otsus) dan pemekaran yang saat ini sedang dirancang.

Menurutnya otsus adalah berkah besar dari pemerintah pusat untuk orang asli Papua. Maka pelaksanaannya mesti diawasi secara ketat supaya mencapai tujuan. Bila digunakan dengan baik akan jadi berkah, terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Pemekaran wilayah di ujung timur Indonesia bukan lagi isapan jempol. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memastikan rencana pemerintah untuk memekarkan wilayah Papua dengan menambah dua provinsi baru di kawasan tersebut.

Rencana pemekaran wilayah didasari oleh aspirasi tokoh-tokoh Papua usai terjadinya serangkaian konflik di dua kawasan Indonesia Timur. Pemekaran wilayah dan pembentukan daerah otonomi baru, membawa dampak positif bagi rakyat papua. Memberikan rasa memiliki untuk membangun masing – masing daerah dan wilayah adatnya.

Sumber-sumber ekonomi daerah bisa dikembangkan dan juga perlahan menghilangkan ketergantungan Papua dengan pemerintah pusat. kata Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal.

Sumber: cnnindonesia