Artikel

Papua Youth Creative Hub, Sarana Pengembangan Talenta di Papua

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Papua akan segera memiliki pusat pengembangan talenta melalui Papua Youth Creative Hub yang akan berlokasi di Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Pembangunan Papua Youth Creative Hub mulai dilakukan dengan groundbreaking yang dilakukan Presiden Joko Widodo, Sabtu (2/10).

Presiden mengatakan, Papua Youth Creative Hub merupakan gagasan yang sangat bagus. Dengan Papua Youth Creative Hub ini, Presiden berharap talenta muda Papua bisa dibina dengan baik.

"Papua Youth Creative Hub ini bisa menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di Tanah Papua, menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada," kata Presiden mengutip siaran pers Biro Setpres, Sabtu.

Papua Youth Creative Hub dibangun sebagai tindak lanjut pertemuan Presiden Jokowi dengan anak muda Papua pada September 2019 lalu. Pembicaraan itu berlanjut ketika Presiden berkunjung ke Kota Jayapura untuk meresmikan Jembatan Youtefa pada 28 Oktober 2019.

Presiden meyakini masih banyak potensi yang belum tergali dan belum dikembangkan di Papua maupun Papua Barat. Menurutnya, banyak bibit unggul maupun talenta Papua yang sangat baik di berbagai bidang seperti sains, seni budaya, maupun olahraga.

"Ini menjadi tugas besar kita semuanya untuk menyiapkan manajemen yang baik, manajemen talenta yang baik, yang tertata, dan tadi sudah disampaikan bahwa yang berkumpul di Papua Muda Inspiratif ini bukan hanya ratusan tapi sudah ribuan," jelasnya.

Papua Youth Creative Hub akan mewadahi berbagai talenta seperti petani-petani milenial, ekosistem digital, hingga pengembangan riset dan inovasi. Masa depan Papua dan masa depan Indonesia, kata Presiden, ada di Papua Youth Creative Hub.

"Kita harapkan nanti di akhir 2022 sudah selesai langsung lembaganya siap dan kita harapkan dalam waktu yang sangat cepat betul-betul melakukan pengembangan SDM di Tanah Papua yang kita cintai," imbuhnya.

Sejumlah fasilitas yang direncanakan dibangun di Papua Youth Creative Hub antara lain co-working space, ruang untuk teknologi pembelajaran, teknologi digital, ruang konser, ruang untuk inovasi-inovasi produk, serta asrama dan fasilitas olahraga.

Selain melakukan groundbreaking, Presiden juga meninjau sejumlah stan pameran yang dihadirkan. Stan-stan tersebut berisi berbagai inovasi, komunitas.

Ada pula produk karya anak-anak muda Papua, yaitu stan industri kreatif, stan teknologi digital, stan sosial budaya dan literasi, stan usaha mikro, kecil, dan menengah, serta stan pertanian, peternakan, dan perikanan. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: