Artikel

Paralimpiade Tokyo 2020, Atlet Disabilitas Indonesia Siap Ukir Sejarah

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Setelah keberhasilan perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 beberapa waktu lalu, kini para atlet penyandang disabilitas Indonesia bersiap untuk mengukir sejarah dalam ajang Paralimpiade Tokyo 2020 yang digelar 24 Agustus-5 September 2021.

Komite Paralimpiade Indonesia (NPCI) memastikan, 23 atlet disabilitas asal Indonesia siap bertanding dalam ajang bergengsi itu. Mereka akan bertanding di sejumlah cabang olahraga yang berbeda, yaitu atletik (7 orang), bulu tangkis (7 orang), tenis meja (3 orang), renang (2 orang), menembak (2 orang), balap sepeda (1 orang), angkat besi (1 orang).

Wakil Sekretaris Jenderal NPCI, Rima Ferdianto menuturkan, penampilan para atlet itu sudah hampir peak performance dan akan terus dijaga performanya.

"Sehingga ketika di hari perlombaan nanti bisa keluar peek performance-nya semua di Tokyo," kata Rima mengutip Tempo, Kais (26/8).

Rima menuturkan, pada Paralimpiade Tokyo 2020 ini pihaknya menargetkan dapat meloloskan 15 atlet, cabor lolos minimal 6 cabor, dan meraih 1 medali emas.

"Minimal 1 medali emas dan memperbaiki peringkat masuk ke-60 besar dunia," tandasnya.

Dari target tersebut, Rima menyebut dua target sudah terlewati yaitu atlet lolos menjadi 23 orang dari target 16 orang, dan berhasil meloloskan 7 cabor dari target 6 cabor.

Hadiah Peraih Medali

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga memastikan para atlet yang meraih medali pada Paralimpiade Tokyo 2020 ini akan mendapatkan hadiah yang sama seperti atlet peraih medali pada Olimpiade Tokyo 2020.

"Iya, sama," kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto mengutip Antara, Kamis.

Diketahui, atlet peraih medali pada Olimpiade Tokyo 2020 mendapat hadiah yang luar biasa. Peraih medali emas mendapatkan Rp 5,5 miliar, perak Rp 2,5 miliar, dan perunggu Rp 1,5 miliar.

Selain itu, pemerintah juga memberi bonus pada atlet yang bertanding meski tidak meraih medali. Mereka masing-masing akan mendapatkan Rp 100 juta. (WIL)

Saksikan video pilihan berikut: