Artikel

Pastikan Prokes Diterapkan, BNPB Terjunkan 500 Relawan saat PON Papua

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berkomitmen penuh terhadap penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 mendatang. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menerjunkan ratusan relawan prokes.

"Sebanyak kurang lebih 500 relawan diturunkan untuk penguatan protokol kesehatan selama PON XX Papua," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengutip laman resmi BNPB, Senin (27/9).

Muhari menerangkan, 500 relawan itu akan ditugaskan di tiga kota yang menjadi pusat pelaksanaan PON XX, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Ratusan relawan itu juga sudah diberi pembekalan.

Masih kata Muhari, relawan-relawan ini nantinya bertugas sebagai duta perubahan perilaku. Mereka juga akan membagikan masker kepada para atlet, pendamping, penonton, hingga masyarakat di sekitar lokasi PON XX.

Edukasi terkait protokol kesehatan juga akan disampaikan oleh para relawan. Hal ini dilakukan demi mencegah adanya lonjakan kasus COVID-19 selama pertandingan berlangsung.

"Hari Minggu (26/9) para relawan akan bergerak langsung untuk membagikan masker kepada masyarakat melalui gerakan mobil masker," tandas Muhari.

Gerakan Mobil Masker

Diketahui, selain menerjunkan relawan, BNPB juga meluncurkan Gerakan Mobil Masker yang disebar di empat wilayah pusat pertandingan yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Gerakan Mobil Masker ini sudah dimulai sejak Sabtu, 25 September 2021 kemarin. Total ada 12.000 masker yang akan dibagikan hari ini. Penguatan protokol kesehatan di Kota Jayapura tersebut didukung oleh 123 relawan prokes PON XX Papua dari berbagai lembaga.

"Tujuannya adalah agar even besar seperti PON ini terselenggara dengan sukses dan aman dari Covid-19," kata Ketua Subsatgas Prokes Kota Jayapura, dr. Riswandi.

Kegiatan Mobil Masker dan kampanye protokol kesehatan menyasar wilayah yang berpotensi menimbulkan kerumunan di antaranya di Lapangan Mandala, Gelanggang Olahraga (GOR) Cendrawasih, Lapangan Universitas Cenderawasih, Jembatan Youtefa, GOR Politeknik Penerbangan, dan GOR Waringin. (WIL)