Artikel

Pemerintah Jamin Atlet Paralimpiade Tokyo Dapat Bonus Besar

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Bonus miliaran rupiah yang diterima oleh para atlet peraih medali Olimpiade Tokyo turut akan diterima para atlet peraih medali dalam perhelatan Paralimpiade Tokyo 2020. Bonus ini akan diberikan langsung oleh pemerintah yang dalam hal ini diwakili Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Pada saat Olimpiade Tokyo, para atlet peraih medali emas menerima Rp. 5,5 miliar, medali perak Rp. 2,5 miliar, dan medali perunggu Rp. 1,5 miliar. Angka ini lebih besar Rp. 500 juta dibanding penghargaan yang diterima peraih medali Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto membenarkan perihal pemberian jumlah bonus untuk para atlet peraih tersebut.

“Iya, sama,” kata Gatot mengutip laporan Antara, Jumat (27/8).

Tak hanya untuk para peraih medali, pelatih yang mengantarkan atletnya meraih medali pun mendapatkan bonus. Untuk emas Rp. 2,5 miliar, perak Rp. 1 miliar, dan perunggu Rp. 600 juta. Bahkan, untuk yang telah mendampingi atlet di Olimpiade menerima Rp. 100 juta.

Apresiasi juga diberikan pemerintah kepada para atlet lainnya. Masing-masing atlet mendapat Rp. 100 juta, dimana hal ini merupakan terobosan baru yang dilakukan pemerintah karena baru dilakukan untuk pertama kalinya dalam ajang Olimpiade Tokyo.

Meski demikian, Gatot belum dapat memastikan apakah apresiasi serupa juga akan diberikan kepada para atlet yang tampil di Paralimpiade Tokyo 2020.

Paralimpiade Tokyo 2020 masih berlangsung di Tokyo, Jepang dari tanggal 24 Agustus hingga 5 September mendatang.

Sebanyak 23 atlet tengah berjuang untuk membawa medali bagi Indonesia dalam pesta olahraga penyandang disabilitas terbesar di dunia itu.

Mereka akan bersaing pada tujuh cabang olahraga, yaitu badminton, atletik, renang, tenis meja, menembak, powerlifting, dan balap sepeda.

Kontingen Merah Putih ditargetkan membawa pulang lima medali. Satu emas, satu perak, dan tiga perunggu serta finis di urutan Ke-60 dalam klasemen perolehan medali.

Saat ini, Indonesia telah berhasil meraih satu medali dari cabang olahraga powerlifting. N.N Widiasih, atlet pertama yang menyumbangkan perak untuk tanah air. (DIN)

Saksikan video pilihan berikut: