Artikel

Pemerintah Komitmen Penuh Terapkan Prokes saat PON XX Papua

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 ini berbeda dengan gelaran sebelumnya. Sebabnya karena PON kali ini diselenggarakan saat pandemi Covid-19 masih melanda.

Dengan adanya pandemi ini, gelaran PON tidak bisa diselenggarakan seperti biasa. Harus ada upaya-upaya pencegahan agar pesta olahraga empat tahunan itu tidak menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 atau menimbulkan klaster baru.

Sejumlah program diluncurkan pemerintah dalam rangka mengantisipasi klaster tersebut. Program-program itu umumnya penguatan penerapan protokol kesehatan, agar para atlet, official, hingga masyarakat penonton PON tetap aman, sehat dan tidak tertular Covid-19.

Beberapa program yang dilakukan pemerintah dalam hal ini dilakukan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Berikut beberapa upaya tersebut:

1. Sosialisasi Protokol Kesehatan

Sosialisasi penerapan protokol kesehatan dilakukan BNPB untuk memastikan para atlet, official dan penonton semuanya mematuhi prokes, utamanya memakai masker dan menjaga jarak.

Sosialisasi dipusatkan di empat wilayah yang menjadi pusat pertandingan dalam PON XX Papua, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

2. Pembagian Masker

Selain sosialisasi, BNPB juga melakukan gerakan pembagian masker kepada para atlet, official dan masyarakat yang ada di sekitar lokasi penyelenggaraan PON XX Papua 2021.

Pembagian masker ini bahkan sudah dilakukan jauh hari sebelum PON dibuka pada 2 Oktober 2021 lalu. Seperti pada tanggal 25 September 2021, di mana BNPB membagikan total 12.000 masker dalam satu hari.

Menurut Ketua Subsatgas Prokes Kota Jayapura, dr. Riswandi, 12.000 masker itu dibagikan oleh 123 relawan protokol kesehatan PON XX Papua, yang terdiri dari berbagai lembaga terkait.

Penguatan protokol kesehatan ini juga dilakukan melalui kampanye dan edukasi protokol kesehatan secara langsung kepada para atlet, pendamping atlet atau official, dan masyarakat di sekitar venue pertandingan.

3. Mobil Masker

Selain sosialisasi dan pembagian masker, BNPB juga meluncurkan program mobil masker untuk menguatkan penerapan protokol kesehatan selama PON XX Papua 2021.

Mobil Masker itu digelar di wilayah yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti Lapangan Mandala, Gelanggang Olahraga (GOR) Cendrawasih, Lapangan Universitas Cenderawasih, Jembatan Youtefa, GOR Politeknik Penerbangan, dan GOR Waringin.

Juga akan ada 6 gerai masker yang ditempatkan di pusat-pusat kegiatan selama PON XX berlangsung. Sebanyak 1.000 masker akan di sebar di gerai-gerai tersebut setiap harinya.

Selain program-program tersebut, implementasi protokol kesehatan juga dapat dilihat saat pembukaan PON XX Papua itu sendiri. Semua yang terlibat dalam pembukaan itu tampak mengenakan masker sebagai salah satu unsur protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (WIL)

Saksikan video pilihan berikut:


3 komentar untuk “Pemerintah Komitmen Penuh Terapkan Prokes saat PON XX Papua”

oleh Fira setya  2 minggu yang lalu

"Semoga kita semua dalam menjaga prokes"

oleh Della syananda  2 minggu yang lalu

"Penjagaannya juga ketat bgt sih"

oleh Welani laode  2 minggu yang lalu

"Mantap semoga PON berjalan lancar"


Berikan Komentar: