Artikel

Pemerintah Targetkan Vaksinasi 70 Juta Orang hingga September 2021

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Pemerintah menargetkan 70 juta orang sudah divaksinasi hingga September 2021. Hal ini disampaikan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman.

“Agustus sampai September 2021 pemerintah menginginkan sekitar 70 juta orang yang sudah divaksinasi,” kata Fadjroel mengutip Kompas.com, Sabtu(22/5).

Sejalan dengan target ini, menurut Fadjroel, pemerintah terus mengupayakan pengadaan vaksin Covid-19. Bertambahnya jumlah dan jenis vaksin yang masuk ke Indonesia akan mempercepat proses vaksinasi.

“Jumlahnya makin banyak, jenis vaksinnya makin banyak yang masuk ke Indonesia akan lebih bisa mempercepat proses vaksinasi di Indonesia,” jelasnya.

Selain program vaksinasi gratis, saat ini juga tengah berjalan pelaksanaan vaksin gotong royong bagi para karyawan. Mengutip Tribun News, Data Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, sekitar 22.750 perusahaan telah mendaftar Vaksin Gotong Royong dengan peserta sebanyak 10 juta orang.

Upaya lain yang ditempuh pemerintah guna mencapai target vaksinasi ini adalah pengembangan vaksin Merah Putih. Pengembangan vaksin ini diharapkan segera selesai dan bisa diproduksi secara massal.

“Nanti pemerintah secara resmi akan mengumumkan kapan vaksin Merah Putih akan bisa dipergunakan untuk kepentingan kita semua, direncanakan tahun ini,” kata Juru Bicara Presiden.

Meski begitu, Fadjroel kembali mengingatkan seluruh pihak agar tetap menerapkan protokol kesehatan meski telah divaksin. Protokol yang dimaksud mulai dari memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Untuk diketahui, sebanyak 181,5 juta penduduk Indonesia menjadi target vaksinasi. Setiap penduduk mendapatkan 2 dosis vaksin, sehingga target penyuntikkan mencapai 380 juta dosis. Hingga saat ini, vaksin Covid-19 yang sudah disuntikkan baru mencapai 23 juta dosis. (CHE)