Artikel

Penjualan Ritel Naik, Bukti Ekonomi Nasional Mulai Pulih

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kinerja penjualan ritel atau eceran Indonesia mengalami peningkatan pada bulan April 2021. Hal itu diketahui berdasarkan Survei Penjualan Eceran (SPE) yang dilakukan Bank Indonesia.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, hasil SPE mengindikasikan peningkatan kinerja penjualan eceran baik secaa bulanan maupun tahunan pada April 2021.

Menurut Erwin, kenaikan terjadi pada Indeks Penjualan Riil (IPR) bulan April 2021 yang menurutnya tumbuh 17,3 persen secara bulanan, dan 15,6 persen secara tahunan.

"Ini lebih tinggi dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 6,1 persen secara bulanan, dan -14,6 persen secara tahunan," kata Erwin dikutip dari laman Bank Indonesia, Jumat (11/6).

Dalam survei itu, Erwin menyebut responden meyakini peningkatan kinerja penjualan eceran didorong meningkatnya permintaan selama Ramadan yang didukung berbagai program potongan harga (diskon).

Peningkatan penjualan terjadi pada mayoritas kelompok komoditas yang disurvei, terutama Subkelompok Sandang, Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau serta Kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

"Kinerja penjualan diprakirakan akan kembali tumbuh positif pada Mei 2021 yang IPR-nya diperkirakan tumbuh 1,6 persen bulanan, dan 12,9 persen tahunan. (WIL)