Artikel

Penting! Balik ke Jakarta Harus Bawa Surat Bebas Covid-19

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada akhir pekan ini.

“Diperkirakan pada tanggal 21 hingga 23 Mei 2021 adalah puncaknya arus balik,” kata Yusri mengutip Kompas.com, Minggu (23/5).

Mengantisipasi hal ini, Operasi Ketupat Jaya 2021 yang tadinya akan berakhir pada 17 Mei, diperpanjang hingga 24 Mei mendatang. Hal ini lantaran jumlah pemudik yang telah kembali ke Jakarta belum seluruhnya.

“Melihat situasional sekarang. Baru 22.000 hitungan kami (pemudik yang balik ke Jakarta), masih banyak lagi. Hampir 1,5 juta warga Jakarta yang mudik keluar,” ujarnya.

Kombes Yusri juga mengingatkan seluruh pemudik yang hendak kembali ke Jakarta agar menyertakan surat hasil negatif tes Covid-19.

“Sekalian saya sosialisasi, tolong pulang ke Jakarta, pulang ke rumah kita ini, bawa surat swab antigen yang sudah bebas Covid-19. Ini upaya untuk memutus mata rantai Covid-19,” jelasnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Irma Yunita mengatakan ada 12 titik lokasi pemeriksaan hasil tes Covid-19 yang dikelola Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Polda Metro Jaya sebelum masuk Jakarta.

“Di titik ini tes antigen disiapkan Biddokes dengan tenaga dari Biddokes, Dinkes, Kesdam Jaya, dan Yonkes AURI,” kata Irma.

Berikut rincian 14 titik penyekatan arus balik di wilayah Jabodetabek:

1. Parking Bay Km 34 B Cibatu Tol Cikampek arah Jakarta.

2. Terminal Pulogebang, Jakarta Timur.

3. Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

4. Jatiuwung, Tangerang.

5. Cek Poin Kebon Nanas, Tangerang.

6. Kantor Dishub Batuceper, Tangerang.

7. PT MCS Logistik Jl Raya Rengas-Lemahabang.

8. Jl Raya Parung Ciputat Bojong Sari.

9. Jl Raya Bogor (SPBU Cilangkap).

10. Pos Sasak Jarang, Bekasi Timur.

11. Pos Tomyang, Bekasi.

12. Jl Gatot Subroto Bitung.

13. Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara.

14. Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. (CHE)