Artikel

Penting! Begini Cara Pendaftaran Vaksin Bagi Lansia

 
 | Arus Baik

Diketahui Bersama bahwa lansia menjadi target prioritas dalam mendapatkan vaksin COVID-19 di Indonesia.

Segelintir masyarakat masih banyak yang bertanya tentang bagaimana cara mereka mendapatkan vaksinasi? Kabar gembiranya, bagi mereka yang masuk dalam kelompok sasaran lansia, kini dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir online pendaftaran vaksinasi COVID-19 

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi, M.Epid mengatakan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada Tahap 2 dengan target kelompok Lanjut Usia (usia 60 tahun keatas) dan Pekerja Publik. Vaksinasi untuk target kelompok ini akan dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia. Namun dalam fase awal diprioritaskan dahulu untuk Jawa dan Bali dimana lebih dari 65 persen kasus COVID-19 nasional tercatat.

Pendaftaran melalui link yang akan disediakan di website Kemenkes dan KPCPEN. Peserta yang hendak divaksin, diharapkan dapat memberikan data lengkap sesuai dengan permintaan yang tertera pada kolom formulir tersebut. Bagi manula yang kesulitan mendaftar melalui link, dapat meminta bantuan keluarga atau pengurus RT/RW.

Mekanisme pertama adalah vaksinasi berbasis fasilitas kesehatan, yang dilaksanakan di Puskesmas dan rumah sakit. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Peserta mendaftar dengan mengunjungi situs resmi Kementerian Kesehatan yaitu www.kemkes.go.id dan sehatnegeriku.kemkes.go.id, serta situs resmi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di www.covid19.go.id.

  • Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi.

  • Dalam mengisi data tersebut peserta lanjut usia dapat meminta bantuan anggota keluarga lain atau melalui kepala RT atau RW setempat.

  • Setelah peserta mengisi data di website tersebut maka seluruh data peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan provinsi masing-masing. Selanjutnya Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia.

Pendaftaran vaksinasi COVID-19 bagi lansia dapat diakses dari tautan berikut: bandung.kemkes.go.id, dki.kemkes.go.id, serang.kemkes.go.id, denpasar.kemkes.go.id, yogyakarta.kemkes.go.id, semarang.kemkes.go.id dan surabaya.kemkes.go.id. Atau masukkan nama kota / kabupaten Anda kemudian (kemkes.go.id)

Sumber: Detik Health