Artikel

Penting! Vaksin AstraZeneca Aman

 
 | Arusbaik

ArusBaik.id - Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyebut sejauh ini vaksin virus corona (covid-19) asal perusahaan farmasi Inggris AstraZeneca aman digunakan untuk populasi Indonesia.

Nadia berpedoman kepada hasil evaluasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang akhirnya memutuskan untuk mengeluarkan izin penggunaan darurat (EUA) AstraZeneca, pada Selasa (9/3).

AstraZeneca tengah menjadi pembicaraan global, usai beberapa negara di Eropa memutuskan untuk melakukan penangguhan penggunaan AstraZeneca usai dilaporkannya temuan kasus penggumpalan darah yang terjadi di sejumlah negara Eropa. Kondisi itu diduga terjadi terhadap sejumlah orang yang disuntik dengan vaksin AstraZeneca.

Nadia sekaligus menegaskan bahwa BPOM merupakan badan yang berkompeten dan independen, yang telah dipercayai sepenuhnya untuk mengurusi ihwal EUA segala vaksin covid-19 yang akan digunakan di Indonesia sepanjang perjalanan ini.

"Dan sampai saat ini BPOM belum memberikan perubahan ya dari vaksin AstraZeneca, jadi kita tentunya akan tetap menggunakan vaksin ini sesuai sasaran kita saat ini di tahap kedua," pungkas Nadia.

Beberapa negara memutuskan untuk menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca. Lembaga kesehatan di Denmark, Norwegia, dan Islandia menghentikan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca usai terdapat laporan terjadi penggumpalan darah terhadap sejumlah orang yang telah menerima suntikan dosis vaksin tersebut.

 


0 komentar untuk “Penting! Vaksin AstraZeneca Aman”
Berikan Komentar: