Artikel

Penuh Haru, Presiden Santuni Anak-Istri Awak KRI Nanggala-402

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Jokowi bertemu dengan keluarga prajurit KRI Nanggala-402 di Hanggar Lanudal Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur Kamis(29/4).

Kepala Negara menyebutkan pemerintah akan membangunkan rumah bagi keluarga korban KRI Nanggala-402. Presisden Jokowi juga memberikan kebebasan keluarga korban menentukan lokasi rumah yang akan dibangun pemerintah itu.

"Nanti ibu-ibu sekalian akan dibangunkan rumah yang tempatnya kami akan mengikuti. Terserah bisa di Gresik, Sidoarjo, atau di tempat lain. Mekanisme dan pengaturannya nanti akan diatur Panglima dan KSAL," jelas Presiden seperti dikutip dari laman Setpres, Kamis(29/4).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden kembali menegaskan bahwa negara akan menaikkan pangkat satu tingkat bagi semua prajurit KRI Nanggala-402. Selain itu, beasiswa bagi putra-putri prajurit Hiu Kencana akan diberikan hingga mencapai jejang perguruan tinggi atau universitas.

"Kemarin sudah kita sampaikan, negara akan mengatur putra-putri ibu-ibu sekalian agar bisa sampai kuliah di perguruan tinggi," ucap Jokowi.

Dalam silaturahmi tersebut Presiden juga menyampaikan duka cita keluarga 53 prajurit KRI Nanggala-402 yang gugur.

"Atas nama negara, pemerintah, rakyat saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya para patriot KRI Nanggala-402. Semoga arwah beliau-beliau diterima di sisi-Nya, diberikan tempat yang terbaik, diampuni dosa-dosanya," kata Presiden Jokowi.

Seperti diketahui, KRI Nanggala yang membawa 53 awak tersebut hilang kontak (submissed) di perairan Utara pulau Bali pada Rabu(21/4) dan kemudian dinyatakan tenggelam (subsunk) pada Sabtu (24/4). (CHE)