Artikel

Peringkat 16 Dunia, Segini Kekuatan Militer Indonesia

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kekuatan militer menjadi salah satu instrumen untuk mempertahankan kedaulatan suatu negara, tak terkecuali Indonesia. Dengan militer yang kuat, niscaya negara lain tidak akan berani mengusik atau mengganggu Indonesia.

Terlebih saat ini sedang ada sejumlah ancaman terhadap wilayah terluar Indonesia yaitu di Laut Natuna Utara. Beberapa waktu lalu, sejumlah nelayan melaporkan adanya kapal perang negara asing dalam hal ini China yang melintas dan masuk wilayah teritorial Indonesia.

Lantas seberapa kuat militer Indonesia?

Melansir data Global Firepower, pada tahun 2021 ini militer Indonesia masuk peringkat 16 yang terkuat di dunia. Indeks kekuatan militer Indonesia tercatat sebesar 0.2684, dengan indeks 0.0000 menjadi yang paling tinggi. Indeks Indonesia ini berada di bawah Jerman dan di atas Arab Saudi.

Tak hanya itu, secara indeks tersebut kekuatan militer Indonesia lebih tinggi daripada negara besar lain seperti Australia, Spanyol hingga Israel.

Masih dari data yang sama, Indonesia menjadi negara paling kuat secara militer untuk kawasan Asia Tenggara. Hal itu berdasarkan jumlah sumber daya manusia, kekuatan pada tiga matra darat, laut dan udara, sumber daya alam, logistik, keuangan hingga geografi.

Dari segi sumber daya manusia, Indonesia memiliki 800 ribu personel militer. Angka ini terdiri dari 400 ribu militer aktif, dan 400 ribu lainnya militer cadangan. Angka ini belum ditambah dengan penduduk laki-laki dewasa yang sangat berguna jika sewaktu-waktu terjadi perang.

Sementara pada kekuatan peralatan tempur, Tentara Nasional Indonesia (TNI) cukup memiliki peralatan yang memadai di masing-masing matra yang ada. Untuk TNI Angkatan Darat, tercatat memilki 1.430 kendaraan tempur lapis baja, 153 artileri swagerak, 366 artileri tarik, 63 peluncur roket, dan 331 tank.

Merujuk data Global Firepower, kekuatan TNI AD Indonesia berada di peringkat 46 dunia, berada di atas Spanyol dan di bawah Argentina.

Sedangkan pada TNI Angkatan Laut, pada tahun 2021 ini Indonesia memiliki tujuh kapal fregat, 24 kapal korvet, 179 kapal patroli, lima kapal selam, 10 kapal penyapu ranjau. Total kapal di Indonesia mencapai 282 unit, yang menempatkan negeri ini di peringkat 10 dunia.

Adapun kekuatan TNI Angkatan Udara terdiri dari pesawat tempur, pesawat serang darat, pesawat angkut, pesawat latih, pesawat intai dan misi khusus, helikopter, dan helikopter tempur.

Total tahun 2021 ini Indonesia memiliki 458 aset kekuatan udara. Rinciannya 41 pesawat tempur, 38 pesawat serang udara, 109 pesawat latih, 64 pesawat angkut, 17 pesawat intai dan misi khusus, 1 pesawat tanker, 188 helikopter, dan 15 helikopter tempur. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini:


3 komentar untuk “Peringkat 16 Dunia, Segini Kekuatan Militer Indonesia”

oleh Dika muhammad  1 bulan yang lalu

"Wow mengalahkan spanyol"

oleh Xilon nuel  1 bulan yang lalu

"Mantapp tingkatkan terus keamanan kita"

oleh Gerald thomas  1 bulan yang lalu

"Kerenn, 16 dunia juga termasuk kuat"


Berikan Komentar: