Artikel

Perintah Presiden: Segera Atasi Dampak Erupsi Gunung Semeru!

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo memerintahkan seluruh jajarannya untuk gerak cepat mengatasi dampak akibat meletusnya Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Dalam unggahannya di media sosial, Presiden mengatakan telah memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, dan juga kepada Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin.

"Langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana," katanya dikutip redaksi, Minggu (5/12).

Selain gerak cepat tersebut, Presiden juga mengarahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

Lebh jauh, Presiden mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan. Indonesia yang berada di wilayah cincin api memang rawan terhadap aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi.

Untuk itu, imbuh Presiden, kepala daerah dan pejabat pemerintah harus selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan saling bekerja sama mengantisipasi datangnya bencana semacam ini.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya juga menyampaikan dukacita yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan luka-luka. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua," pungkasnya.

Gunung Semeru dikabarkan meletus dan erupsi pada Sabtu (4/12) sore waktu setempat. Melansir data BNPB, hingga berita ini dipublikasikan sudah ada 13 orang yang dilaporkan meninggal dunia dalam musibah tersebut. (WIL)