Artikel

Perintah Presiden: Vaksinasi Covid-19 Capai 100 Juta di Akhir Agustus

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Percepatan vaksinasi nasional terus diupayakan pemerintah dalam rangka membentuk kekebalan komunal atau herd immunity sehingga kasus Covid-19 dapat diatasi.

Teranyar, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin terus mengejar target pelaksanaan vaksinasi Covid-19 nasional yang saat ini telah mencapai 90,59 juta dosis tersebut.

"Saya minta kepada Menteri Kesehatan sampai akhir bulan Agustus ini kita harus bisa mencapai penyuntikkan lebih dari 100 juta dosis vaksin," kata Jokowi dalam konferensi pers, Senin (23/8) kemarin.

Selain vaksinasi, Presiden juga menyoroti tentang testing, tracing dan treatment dalam upaya penanganan pandemi Covid-19. Presiden meminta TNI dan Polri terus aktif melaksanakan pelacakan terhadap kontak erat pasien Covid-19.

Menurut Presiden, rasio tracing di Indonesia mengalami kenaikan pada akhir Juli ke Agustus 2021. Rinciannya, rasio kontak erat pada 20 Agustus 2021 berada di angka 6,5, sedangkan pada 31 Juli berada di angka 1,9.

Puncak lonjakan kasus Covid-19 sendiri, imbuh Presiden, terjadi pada tanggal 15 Juli 2021. Namun sejak saat itu, kasus konfirmasi terus mengalami penurunan di mana saat ini total penurunan mencapai 78 persen sejak puncak kasus.

Sementara angka kesembuhan, lanjut Presiden juga mengalami penurunan secara konsisten. Bahkan penurunan angka kesembuhan ini lebih tinggi dibanding penambahan kasus positif dalam beberapa pekan terakhir.

"Hal ini berkontribusi secara signifikan terhadap penurunan keterisian tempat tidur (BOR) nasional yang saat ini berada di angka 33 persen," pungkasnya. (WIL)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: