Artikel

Pertanian Sokoguru Ketahanan Pangan, Petani Milenial Diharapkan Segera Turun Gunung

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Kedatangan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dalam rangka peresmian Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng rupanya membawa angin segar bagi para petani khususnya petani muda alias petani milenial.

Nur Herdianto, seorang petani asal Kecamatan Karangan, Trenggalek misalnya. Ia berharap, kedatangan Presiden ini turut memberikan semangat kepada para petani milenial di daerahnya untuk turut bergerak di sektor pertanian.

"Saya petani yang mengharapkan untuk petani muda ini untuk ikut bergerak dalam bidang pertanian, karena pertanian merupakan sokoguru untuk ketahanan di Indonesia juga,” ucap Nur mengutip siaran pers Biro Setpres, Rabu (1/12).

Kehadiran petani muda, imbuh Nur, sangat dibutuhkan karena saat ini jumlah petani terus berkurang dan sebagian besar petani sudah berusia lanjut.

Di samping itu, Nur mewakili para petani menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden atas peresmian Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Nur pun berharap bahwa kehadiran bendungan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar utamanya para petani.

“Semoga nanti petani itu bisa meningkat kesejahteraannya. Saya harapkan nanti yang biasanya _nanem_ itu padi-padi palawija bisa meningkat menjadi empat kali: padi, padi, padi, dan palawija nanti untuk bisa menambah income petani,” pungkasnya.

Diketahui, kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Kabupaten Trenggalek pada Selasa (30/11) kemarin adalah dalam rangka meresmikan Bendungan Tugu di Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Bojonegoro.

Kedua bendungan ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas petani di kawasan tersebut. Nantinya, para petani bisa panen sebanyak tiga kali dalam satu tahun, ditambah sekali untuk palawija.

Usai meresmikan bendungan, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri menanam padi bersama para petani setempat. Presiden tampak mengendarai mesin penanam padi dalam kesempatan tersebut. (WIL)