Artikel

Petani Keluhkan Impor Bawang, Presiden Langsung Telepon Menteri Perdagangan

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Temanggung dan Wonosobo untuk menghadiri sejumlah agenda pada hari ini, Selasa (14/12).

Di Temanggung, Presiden melakukan penanam bawang merah bersama bersama para petani di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Usai penanaman, Presiden menyempatkan diri untuk berbincang dan berdialog bersama para petani. Dialog dilakukan di sebuah sauna dengan suasana santai dan penuh keakraban.

Kepada Presiden, para petani menyampaikan keluh kesah mereka terkait harga bawang saat panen yang justru anjlok imbas masuknya bawang impor. Mendengar keluhan tersebut, Presiden langsung menelepon Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi untuk menyampaikan keluhan tersebut.

"Pak Menteri, ini saya dengan para petani di Temanggung. Keluhan mereka semuanya sama, pada saat panen bawang putih itu impornya justru masuk, keluhannya selalu itu," ucap Presiden kepada Mendag seperti dikutip dari siaran pers Biro Setpres, Selasa.

Menteri Perdagangan pun langsung merespons keluhan tersebut dan akan mengirimkan tim untuk mengecek.

"Saya akan kirim tim untuk mengecek, Bapak," jawab Mendag.

Turut mendampingi Presiden dalam dialog tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Kemudian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq. (WIL)