Artikel

Polisi Borong Bendera dari Pedagang Kecil dan Dibagikan ke Warga

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Jajaran kepolisian dari Polda Jawa Timur punya cara yang berbeda dalam menyemarakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76. Mereka membeli bendera merah putih dari pedagang dan dibagikan gratis pada warga kota Kediri.

Pembelian bendera merah putih dari pedagang ini merupakan langkah kepolisian untuk membantu membeli barang dagangan para pedagang yang terkena imbas PPKM. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa membantu perekonomian warga dan pelaku UMKM yang mengalami penurunan omzet.

Bendera merah putih yang telah dibeli dari pedagang tersebut kemudian didistribusikan kepada masyarakat secara serentak. Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta mengatakam, total ada 76.000 bendera yang diborong jajaran Polda dan Polres se-Jawa Timur.

"Tujuannya adalah kita tetap semangat dalam rangka HUT Indonesia Ke-76. Kegiatan ini tidak berhenti di sini, salah satu sasarannya agar UMKM di Jatim tetap hidup berkembang di saat pandemi Covid-19," kata Nico kepada wartawan, Selasa (17/8).

Hal senada juga dilakukan oleh jajaran Polres Kota Kediri. Kapolres Kota Kediri, AKBP Wahyudi mengatakan, kegiatan ini juga bagian dari menghormati para pahlawan.

"Kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan Polres Kediri Kota kepada para arwah pejuang yang telah mendahului kita," kata Kapolres dikutip dari Detik.com, Rabu (18/8).

Menurutnya, gerakan ini adalah bagian dari Gerakan Serentak Polda Jatim berbagi 76.000 Bendera Merah Putih Untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

"Total Polres Kediri Kota mendistribusikan 1945 Bendera Merah Putih kepada masyarakat," ujarnya.

Kapolres mengharapkan dengan adanya pembagian bendera secara serentak ini bisa menumbuhkan semangat masyarakat untuk mencintai bangsa Indonesia. Dia juga berharap kegiatan ini bisa mendorong perekonomian khususnya di wilayah hukum Polres Kediri Kota. (CHE)

Simak penjelasan ringkasnya berikut ini: