Artikel

Presiden Beri Bantuan Rumpon Setelah Mendengar Keluhan Nelayan

 
 | Arusbaik

Presiden Joko Widodo memberi bantuan rumpon atau alat bantu menangkap ikan setelah mendengar langsung keluhan nelayan di Maluku Tengah.

Dalam kunjungannya ke Maluku, Jokowi melakukan dialog langsung dengan para nelayan di Dermaga Huseka’a, Hitu, Kabupaten Maluku Tengah. Dialog itu merupakan salah satu rangkaian dari sejumlah kegiatan yang dilakukan hari ini (25/3).

Sebanyak 16 nelayan mewakili teman-temannya mengungkapkan bahwa selama pandemi mereka tidak mengalami kendala berarti dalam aktivitas mencari ikan. 

“Aktivitas melaut tetap bisa dilakukan, bedanya hanya dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun, kami di sini kekurangan rumpon, alat bantu menangkap ikan,” tutur salah satu nelayan yang hadir dalam dialog tersebut.

Setelah mendengar penjelasan tentang fungsi rumpon, Presiden menyatakan akan memberi bantuan agar kegiatan melaut mendapatkan hasil yang lebih baik. 

“InsyaAllah pemerintah akan membantu. Rumponnya besok diberi. Saya nanti akan cek sudah dibelikan atau belum," ucap Presiden.

Pada kesempatan itu, seorang nelayan menyampaikan ucapan terima kasih karena pemerintah terus mengupayakan agar daerah Maluku bisa menjadi lumbung ikan nasional.

"Terima kasih untuk Bapak Presiden yang telah datang ke Maluku melihat kami, khususnya Desa Hitu ini, untuk menjadikan Maluku sebagai daerah lumbung ikan nasional," ucapnya.