Artikel

Presiden Harap Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Diuji Coba Akhir 2022

 
 | ArusBaik

ArusBaik.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau terowongan pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung mengatakan, ia mendapat laporan bahwa progres pembangunan sudah mencapai 73 persen. Presiden berharap kereta cepat ini bisa mulai diujicobakan pada akhir 2022.

"Nanti tahun depan awal sudah masuk ke persiapan untuk operasi dan diharapkan nanti di akhir tahun 2022 kereta cepat Jakarta-Bandung sudah bisa diuji cobakan, dan tentu saja, setelah uji coba langsung masuk ke operasional," kata Presiden Jokowi saat meninjau Tunnel #1 Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kota Bekasi, dalam tayangan video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/5/2021).

Ke depannya, Kepala Negara mengatakan, kereta cepat ini diharapkan bisa diintegrasikan ke jalur Light Rail Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta.

"Saya berharap, kereta cepat ini nanti bisa terintegrasi dengan LRT di Jakarta, dengan MRT di Jakarta, sehingga ada sebuah efisiensi waktu, kecepatan, dan kita harapkan ini menjadi sebuah daya saing, menjadi competitiveness bagi negara kita untuk bersaing dengan negara-negara lain," ujar Presiden.

Dari pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung ini, Kepala Negara juga berharap terjadi transfer ilmu dan teknologi kepada para sumber daya manusia (SDM) agar bisa meneruskan proyek ke depannya.

"Kita berharap dari pembangunan kereta cepat ini ada transfer of technology yang kita harapkan SDM-SDM kita mampu menangkap dan mengambil ilmu dari pembangunan dari kereta cepat Jakarta-Bandung. Dan kita harapkan nanti apabila sudah diputuskan, akan diperpanjang sampai ke Surabaya, kesiapan SDM-SDM kita sudah memiliki pengalaman-pengalaman yang Jakarta-Bandung," sambungnya.

Saat peninjauan, Presiden Jokowi didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, juga Duta Besar RRT untuk Indonesia Xiao Qian.

Presiden Jokowi mengunjungi lokasi proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang berada di dalam Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada hari ini Selasa, 18 Mei 2021. Titik pertama yang dikunjungi adalah Casting Yard #1 yang tepatnya berada di Kelurahan Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Lokasi tersebut merupakan salah satu fasilitas pendukung produksi dan distribusi box girder yang digunakan sebagai penyusun struktur trase proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Setelah itu, Jokowi juga meninjau lokasi Tunnel #1 kereta cepat Jakarta-Bandung yang berlokasi di Km 5+500 Tol Jakarta-Cikampek, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi. Terowongan yang memuat dua lintasan kereta cepat tersebut memiliki panjang 1,8 kilometer dan melintas di bawah Tol Jakarta-Cikampek. (ACD)